Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan pada Bidang Peternakan Ikan

Usaha yang menjanjikan di masa depan bisa dimulai dari bidang apa saja sesuai keahlian Anda. Salah satu bidang yang bisa diandalkan yaitu peternakan. Ada beberapa keuntungan berbisnis peternakan dan tentunya ada pula risikonya. Berikut adalah beberapa opsi untuk menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin melakukan bisnis bidang peternakan. 

Ternak Ikan Hias, Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Opsi usaha ternak yang menjanjikan di masa depan ini cocok untuk Anda yang memiliki hobi berinteraksi dengan ikan hias. Ada beberapa jenis ikan yang banyak diminati. Salah satunya yaitu ikan cupang. Cupang merupakan ikan aduan yang juga kerap dilombakan dari segi keindahan. Ikan yang memiliki sifat agresif ini mempunyai sirip dan ekor yang indah. 

Ikan cupang banyak diminati mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Itulah yang menyebabkan beternak ikan cupang bisa menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan. Karena prospeknya luas dari segi usia, latar belakang pendidikan, kebudayaan, dan faktor demografi lainnya. Meskipun demikian, memang lebih banyak pria daripada wanita yang menyukai ikan hias tersebut. 

Selain menjual ikannya, Anda juga bisa menjual akuariumnya. Bahkan, hiasan seperti karang buatan dan jenis makanan cupang juga bisa menjadi komoditas tertentu. Dengan demikian, setali tiga uang, Anda bisa memiliki banyak penawaran sekaligus. Jika dijual secara online, sudah banyak orang yang membuktikan bahwa packaging tepat bisa membuat ikan cupang sampai ke pembeli dengan selamat. 

Kemudian, jika dijual secara offline, Anda juga bisa menawarkan jasa perawatan ikan yang sakit,ikan yang akan dikawinkan, operasi sirip cupang, dan sebagainya. Ikan hias memiliki pangsa pasar tersendiri dengan detail pelayanan paripurna. Sehingga, ini sangat bisa menjadi salah satu rekomendasi usaha yg menjanjikan di masa depan.

Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan dengan Beternak Ikan untuk Bahan Kuliner

Masih di dunia peternakan ikan, usaha ternak yang menjanjikan di masa depan selanjutnya adalah membudidayakan ikan untuk makanan. Saat ini, banyak resto yang membuka aneka olahan ikan air tawar. Sehingga Anda akan sangat bisa mengembangkan bisnis peternakan sebagai upaya untuk menyuplai kebutuhan dari resto tersebut. 

Apa saja jenis ikan air tawar yang mudah ditembakkan? Anda bisa memilih ikan mujair, ikan gurame, ikan mas, ikan patin, ikan nilem, atau ikan gabus. Jangan lupakan pula lele sebagai primadona lalapan atau angkringan. Meskipun terdengar sederhana, tetapi sudah banyak penggiat bisnis peternakan jenis-jenis ikan di atas yang sudah sukses. 

Jika tempatnya kecil dan tidak memungkinkan untuk kolam, maka sekarang Anda bisa mencoba untuk berbudidaya pada kolam kecil maupun kolam terpal. Ini merupakan langkah tepat yang solutif dalam mengatasi terbatasnya jumlah tempat terutama di kota. Karena rata-rata yang membeli ikan untuk dikonsumsi adalah resto kota. Sementara biaya distribusi cukup tinggi. 

Jadi, jika Anda tinggal di kota, maka bisnis masa depan ini agaknya sangat prospektif. Karena waktu serta biaya distribusi akan sangat bisa ditekan semaksimal mungkin. Kemudian, kesegaran ikan pun akan tetap terjamin bahkan lebih fresh dibandingkan dengan ikan yang berasal dari desa dan menempuh perjalanan panjang sebelum dimasak. 

Tips Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan Bidang Peternakan Ikan

Ide bisnis masa depan di atas bisa berjalan dengan maksimal apabila Anda melakukan perencanaan secara matang. Analisislah apa kebutuhan masyarakat dan bagaimana cara menjawab kebutuhan tersebut. Apakah masyarakat lebih banyak yang tertarik pada ikan hias atau justru ikan untuk dikonsumsi? 

Jika Anda sudah menemukan jawabannya, maka bisa langsung mengeksekusi dengan skala kecil dulu. Manfaatkan uang dingin dan perlengkapan seadanya untuk membeli aneka kebutuhan. Modalnya jangan menggunakan dana pinjaman dulu karena bisa beresiko apabila bisnis belum berjalan lancar. 

Kemudian, sebaiknya olah sendiri dulu semuanya mulai perawatan sampai penghitungan administrasinya. Jadi sebelum usahanya bergerak makin besar, Anda tak perlu memiliki karyawan.

Pada tahun 2021 ini, banyak ide brilian yang bisa dieksekusi untuk bisa cuan. Karena itulah, segera rencanakan apa jenis usaha yang akan Anda kerjakan di bidang peternakan ikan ini.