Mau Investasi? Pilih Tabungan Emas Pegadaian Saja

Sudah pernah coba investasi dengan cara menabung emas? Emas merupakan aset yang harganya stabil, tidak mudah berubah, sehingga menabung emas merupakan salah satu jenis investasi yang resikonya kecil. Kini menabung emas sudah tidak perlu ribet, karena ada tabungan emas Pegadaian. Selama ini Pegadaian lebih dikenal sebagai tempat kita menggadaikan harta benda yang bisa diuangkan di saat membutuhkan dana darurat. Tapi Pegadaian kini sudah menyediakan berbagai layanan investasi, salah satunya adalah tabungan emas. 

Sebagai lembaga pembiayaan yang telah dipercaya masyarakat, Pegadaian telah tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Karena itu, berinvestasi di Pegadaian merupakan cara yang aman. Cara menabung emas sekarang sudah berbeda dengan dulu. Kini kita tidak perlu lagi ke toko emas untuk membeli emas langsung dan kemudian menyimpannya di bank dalam jumlah besar. Pegadaian sudah menggunakan teknologi terbaru untuk layanan tabungan emas. Seperti apa nabung emas di Pegadaian?

Mengenal Tabungan Emas Pegadaian 

Sama seperti membuka rekening tabungan yang sekarang bisa dilakukan secara online, tabungan emas di Pegadaian juga prosesnya bisa dilakukan secara online. Pegadaian menyediakan aplikasi khusus yang saat ini tersedia di PlayStore bagi pengguna perangkat Android. Nama aplikasinya adalah Pegadaian Digital dan di dalamnya kita bisa memilih menu Tabungan Emas Pegadaian. Proses pendaftaran awal dan setoran awal bisa dilakukan langsung secara online. Jadi sangat mudah dan hemat waktu, tenaga, dan biaya. Bisa dilakukan dari mana pun dan kapan pun. 

Tabungan emas di Pegadaian merupakan emas batangan yang dimiliki pemilik rekening. Kepemilikan ini didasari oleh perjanjian jual beli emas dan penitipannya di Pegadaian yang telah disetujui oleh kedua belah pihak, pemilik rekening dan Pegadaian. Untuk lebih mudahnya, prosesnya sama saja dengan saat kita membeli emas di toko emas lalu pergi ke bank untuk menitipkannya. 

Hanya saja prosesnya dipermudah secara online. Saat kita menyetor untuk menabung emas Pegadaian, maka pihak Pegadaian membeli emas batangan secara fisik dan disimpan untuk pemilik rekening. Pembelian emas dilakukan secara gabungan antara semua konsumen yang memiliki rekening dan saldo di Tabungan Emas Pegadaian

Cara Membuka Tabungan Emas Pegadaian

Tertarik untuk nabung emas di Pegadaian? Kalau begitu, saatnya cari tahu cara menabung emas di Pegadaian berikut ini. Langkah pertama, unduh aplikasi Pegadaian Digital di PlayStore. Pilih salah satu menu yaitu Tabungan Emas. Isi data di formulir yang muncul di layar dan lengkapi dokumen yang diminta. Data yang diisi berupa nama, nomor KTP, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon, nama ibu kandung, dan lain-lain. 

Adapun dokumen yang harus diunggah adalah KTP, bisa dengan mengambil foto di galeri smartphone atau scan KTP langsung. Cek lagi apakah data sudah terisi dengan benar. Jika sudah, pilih cabang Pegadaian yang mudah didatangi untuk menyelesaikan proses buka rekening Tabungan Emas Pegadaian. Meski pendaftaran awal dilakukan secara online, Pegadaian tetap meminta pemilik rekening untuk hadir agar verifikasi bisa dilakukan dengan baik. 

Pemilik rekening punya waktu maksimal 6 bulan sejak pendaftaran online untuk proses Know Your Customer (KYC) dari Pegadaian ini. setelah pilih cabang, maka layar akan menunjukkan biaya pembukaan rekening. Biayanya adalah Rp 100 ribu dengan rincian fasilitas menitip emas Rp 30 ribu dan beli saldo awal Rp 70 ribu. Biaya pembukaan ini harus dibayar dengan metode melalui Virtual Account (VA). Nomor VA yang diberikan Pegadaian ada masa kadaluarsanya. Setelah dibayar, maka rekening tabungan akan aktif dalam jangka waktu paling lama 7 hari setelah pembayaran. 

Ambil Buku Tabungan Emas Pegadaian

Hingga tahun 2021, investasi emas di Pegadaian tetap membutuhkan kehadiran pemilik rekening di cabang Pegadaian yang telah dipilih untuk proses KYC. Proses KYC ini juga sekaligus untuk mengambil buku tabungan nasabah secara fisik. Meskipun saldo rekening bisa dicek melalui aplikasi, tapi Pegadaian tetap menyediakan buku tabungan sebagai bukti fisik. Info lengkap mengenai Tabungan Emas Pegadaian bisa Anda dapatkan di Pegadaian call center di nomor 1500 569.