Keuntungan Reksadana untuk Pilihan Investasi yang Menjanjikan 

Salah satu bentuk investasi yang menjanjikan adalah Reksadana. Jenis investasi ini caranya mudah, tak butuh biaya banyak, dan sangat berguna untuk masa depan. Reksadana merupakan pengumpulan dana dari masyarakat yang kemudian diinvestasikan dan dikelola secara profesional oleh manajer profesional ke dalam beberapa jenis instrumen investasi. Jadi saat berinvestasi Reksadana, investor akan menyetorkan sejumlah dana ke manajer investasi. Lalu manajer investasi akan mengelola dana tersebut dengan cara menempatkannya di berbagai instrumen investasi. 

Pemilihan instrumen investasi ini tidak sembarangan, melainkan sudah sesuai dengan strategi dan kebijakan yang ditetapkan dalam prospektus Reksadana. Investasi Reksadana di Indonesia diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Keuntungan Reksadana salah satunya adalah kemudahannya, karena investor tidak perlu memilih sendiri instrumen investasi, melainkan sudah diatur oleh manajer investasi. Selain itu, investor bisa memilih Reksadana saham, obligasi, indeks, Reksadana syariah, dan masih banyak lagi. 

Kenali Jenisnya Sebelum Cari Keuntungan Reksadana

Jenis Reksadana sangat beragam. Manfaat Reksadana bisa didapat paling cepat dari jenis yang pertama yaitu Reksadana saham. Potensi imbal hasilnya lebih tinggi dibanding jenis lainnya. Namun yang perlu diingat adalah harga saham sangat fluktuatif, sehingga Reksadana saham resikonya tinggi. Jika ingin investasi jangka panjang, Reksadana saham adalah pilihan tepat. Sangat dianjurkan investasi Reksadana saham dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun. Sementara untuk kebutuhan jangka waktu menengah, nasabah bisa memilih investasi Reksadana campuran, yang merupakan kombinasi antara obligasi dan saham. 

Keuntungan investasi Reksadana campuran sudah bisa mulai dirasakan dalam jangka waktu 3 tahun. Jika ingin mendapatkan keuntungan untuk investasi jangka pendek, Reksadana obligasi adalah pilihan tepat. Risiko Reksadana obligasi lebih rendah daripada saham dan campuran, karena itu nominal imbal hasilnya juga relatif lebih rendah. Bagi nasabah di Indonesia, bisa juga memilih jenis Reksadana syariah yang mekanisme serta instrumen investasinya harus sesuai dengan prinsip syariah. Dana investor tidak akan ditempatkan pada sektor industri yang menggunakan sistem riba, sehingga lebih aman. 

Kenali Bibit dan Dapatkan Keuntungan Reksadana

Reksadana adalah jenis investasi yang dianjurkan bagi pemula. Di tahun 2017, PT Bibit Tumbuh Bersama meluncurkan aplikasi Bibit yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD). Salah satu keuntungan Reksadana Bibit adalah aplikasi ini sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK, dengan nomor registrasi KEP-14/PM.21/2017. Hanya dengan bantuan aplikasi, siapa saja bisa berinvestasi Reksadana dengan pilihan yang terbaik. 

Bibit bertindak sebagai manajer investasi atau penasihat bagi investor agar bisa mendapatkan keuntungan Reksadana per bulan secara teratur. Bibit bisa membantu menyesuaikan investasi dengan kebutuhan tiap pengguna aplikasinya. Karena kebutuhan dan kondisi finansial setiap pengguna berbeda, maka jenis Reksadana dan instrumen investasi akan disesuaikan. Tak hanya membuat rencana investasi, keuntungan investasi di Bibit lainnya adalah aplikasi ini akan memantau portofolio investasi pengguna agar bisa lebih optimal. Keuntungan Bibit bisa didapat jika harga Reksadana mengalami kenaikan. Misalnya investor membeli Reksadana senilai Rp 100 ribu, sebulan kemudian harganya naik sebanyak Rp 10 ribu. Maka investor mendapat keuntungan sebesar Rp 10 ribu. Investor bisa dengan mudah memantau harga Reksadana di Bibit karena akan diupdate sekali sehari setiap hari kerja. 

Cara Daftar Bibit dan Raih Keuntungan Reksadana

Di tahun 2021, cara registrasi dan seluruh proses investasi di Bibit dilakukan secara online. Teknologi yang digunakan Bibit menggunakan pendekatan Teori Modern Portfolio yang diperkenalkan Harry Markowitz, ekonom terkemuka yang metodenya telah terbukti mampu menjaga risiko investasi dan memaksimalkan keuntungan. Cara investasi di Bibit sangat mudah. Yang pertama unduh aplikasinya di PlayStore maupun AppStore. 

Daftarkan diri dengan melengkapi data. Kemudian buat portofolio investasi Anda sendiri melalui 3 langkah yaitu Auto Risk Profiling, Auto Financial Plan, dan Auto Rebalancing. Setelah itu, Anda akan mendapatkan rekomendasi investasi. Keuntungan Reksadana di Bibit di antaranya adalah gratis biaya komisi, bisa investasi mulai dari Rp 10 ribu saja, bisa dicairkan kapan pun tanpa biaya penalti, dan bisa rebalancing portfolio agar investasi lebih optimal.