Ketahui Syarat, Dokumen dan Cara Daftar BLT UMKM Online

Daftar BLT UMKM online bisa cukup membantu para pengusaha mikro menengah dalam mengembangkan usahanya. BLT UMKM merupakan program pemerintah yang diperuntukan bagi seluruh pelaku usaha UMKM yang berada di seluruh wilayah Indonesia.

Bantuan ini diberikan dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat yang usahanya terdampak pandemi covid-19. Jumlah bantuan yang bisa diperoleh para pelaku UMKM adalah senilai Rp1.2 juta. Daftar BPUM BRI online bisa dilakukan melalui Dinas Koperasi dan UKM.

Syarat Daftar BLT UMKM Online

Karena bantuan ini hanya diperuntukan bagi para pelaku UMKM saja, maka terdapat beberapa kriteria penerima bantuan. Pelaku UMKM yang mengajukan bantuan harus berkewarganegaraan Indonesia, memiliki KTP, serta memiliki usaha mikro. Selain itu, Cara daftar daftar BLT UMKM secara online tidak dibuka bagi seorang ASN, TNI/Polri ataupun pegawai BUMN/BUMD.

Persyaratan berikut adalah, cara daftar BLT UMKM online ini tidak bisa dilakukan oleh pelaku UMKM penerima KUR. Pelaku UMKM yang pernah menjadi penerima BPUM di tahun anggaran sebelumnya tidak dapat mengajukan bantuan lagi pada tahun ini.

Pendaftaran BLT UMKM online ini dibuka bagi para pelaku UMKM yang belum pernah mendapatkan bantuan BPUM. Bagi Anda yang belum mendapatkan bantuan, jangan sia-siakan kesempatan baik ini untuk memulihkan usaha yang sebelumnya kurang maksimal.

Kepemilikan usaha mikro nantinya harus dibuktikan dengan adanya Surat Usulan Calon Penerima BPUM yang berasal dari pengusul BPUM. Selain itu lampirannya pun harus turut dibawa saat pendaftaran, karena keduanya merupakan satu kesatuan.

Dokumen Daftar BLT UMKM Online

Setelah memenuhi persyaratan untuk Daftar online BLT UMKM, Anda bisa menyiapkan beberapa dokumen penting. Dokumen yang perlu disiapkan cukup mudah sehingga tidak menyulitkan para pelaku UMKM yang ingin mengajukan bantuan.

Jika ingin mengajukan bantuan BLT UMKM, Anda perlu menyiapkan dokumen berupa fotokopi E-KTP dan KK, serta fotokopi SKU atau Nomor Induk Berusaha (NIB). Surat Keterangan Usaha dan NIB diberikan oleh kepala desa ataupun kelurahan.

Cara Lengkap Daftar BLT UMKM Online

Jika semua persyaratan dan dokumennya sudah disiapkan, maka di tahap selanjutnya Anda harus mendaftarkan diri ke Dinas Koperasi dan UMKM daerah setempat. Setelah pengajuan ke dinas, permohonan Anda akan diteruskan pihak dinas pada Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM. Berikut cara lengkapnya:

  • Siapkan Dokumen Pendaftaran

Anda perlu menyiapkan berbagai dokumen yang menjadi syarat pendaftaran.

  • Serahkan Dokumen ke Dinas Koperasi dan UKM

Setelah itu, dokumen yang telah disiapkan harus diserahkan pada Dinas Koperasi dan UKM kabupaten/kota setempat.

  • Isi Formulir Pendaftaran

Setelah itu Anda bisa langsung mengisi apply form yang telah disediakan. Dalam formulir tersebut, Anda perlu mengisi data-data diri, seperti nama lengkap dan alamat sesuai KTP dan nomor KK. Setelah pengisian formulir ini, cara mendaftar BLT UMKM online bisa dilanjutkan dengan mengecek nama terdaftar.

Bagaimana Prosedur Cek Daftar BLT UMKM Online?

Jika Anda telah mengaplikasikan cara daftar BPUM BRI online, maka Anda bisa mengecek bantuan tersebut melalui Bank BRI. Untuk pendaftaran di tahun 2021 ini, masyarakat yang sudah mengajukan bantuan tidak akan mendapat informasi melalui SMS. Pemohon bisa melihat informasi tersebut melalui Bank BRI.

Informasi ini bisa diakses via laman E-Form yang disediakan oleh Bank BRI, yakni eform.BRI.co.id/BPUM. Prosedur ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah Anda sudah terdaftar sebagai penerima bantuan atau belum. Melalui laman website tersebut, Anda juga bisa mengecek BLT UMKM hanya dengan mengisi NIK.

Pertama, silahkan akses laman E-Form BRI di eform.BRI.co.id/BPUM lalu masukan nomor KTP dank kode verifikasi. Setelah itu silahkan klik “Proses Inquiry” untuk proses pengecekan. Setelah proses pengecekan selesai, maka nomor KTP yang terdaftar ataupun tidak, nantinya akan ditampilkan. 

Jika setelah pengecekan dengan cara daftar BPUM BRI online nomor KTP belum muncul, maka Anda belum bisa mendapatkan bantuan. Anda bisa mencoba untuk kembali mendaftar di tahun anggaran yang selanjutnya. Pengajuan bantuan hanya bisa dilakukan sekali saja demi membuka kesempatan bagi warga lain yang belum mendapat bantuan. Belum daftar BLT UMKM online? Yuk! daftar sekarang.