Cara Trading Saham Kini Lebih Mudah, Cari Tahu di Sini

Trading dan investasi adalah 2 hal yang berbeda. Tapi bagi yang kurang memahami sering kali dianggap sama saja. Trading adalah kegiatan ekonomi bersifat aktif yang dilakukan di pasar uang dengan tujuan utama melakukan proses jual beli dalam waktu singkat tapi dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Sementara investasi saham adalah kegiatan menanam modal yang bersifat pasif. Kalau dalam trading saham investor langsung ikut menjalankan usaha mencari keuntungan lewat saham, sementara investasi hanya menanamkan modal saja tanpa perlu usaha secara langsung. Lalu bagaimana cara trading saham? Apakah ini merupakan kegiatan ekonomi yang berisiko tinggi? Simak ulasannya berikut ini. 

Cara Trading Saham yang Mudah

Istilah trading sebenarnya bisa merupakan pertukaran barang dan jasa antara penjual dan pembeli. Keuntungan didapatkan dari selisih pendapatan harga jual. Namun dalam dunia finansial, trading mengacu pada kegiatan jual beli sekuritas seperti pasar berjangka, pasar valuta asing (forex), maupun pasar saham. Terkesan rumit dan membutuhkan banyak pembelajaran, tapi sebenarnya trading bisa dipelajari dengan mudah. 

Bagaimana cara belajar trading saham? Saat ini sudah banyak orang yang terjun ke dunia trading saham dengan tujuan untuk menambah penghasilan. Bahkan tak sedikit yang terjun secara full time ke dunia ini karena jika dilakukan dengan tepat bisa mendatangkan keuntungan yang sangat menarik. Berkat kecanggihan teknologi, kini investor dan trader sudah bisa main daham online. Bagi pemula, sebaiknya mengetahui cara trading saham yang benar sebelum benar-benar memulai. Belajar main saham juga bisa dilakukan secara online. Di bawah ini ada beberapa tips sebelum memulai trading saham secara online. 

Tips Registrasi dan Cara Trading Saham Online Bagi Pemula

Jika belum mengerti apa-apa mengenai saham, sebaiknya pelajari dulu cara main saham online yang benar agar tidak terjerumus ke cara yang salah dan malah kehilangan banyak modal. Cara pertama yang harus dilakukan adalah memilih broker saham online yang aman. Di Bursa Efek Indonesia (BEI) ada banyak broker dengan nama lain “Anggota Bursa”. Semua yang masuk ke dalam Anggota Bursa telah memenuhi modal minimum yang telah ditentukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi sebenarnya untuk mencari broker yang paling baik memang gampang-gampang susah karena tidak ada rumus pasti. Cara mudahnya adalah memilih broker yang mempunyai aplikasi online. 

Saat ini sudah banyak aplikasi saham online yang terpercaya, pilih salah satunya yang menurut Anda paling menguntungkan. Setelah memilih broker, buka rekening saham di aplikasi yang dipilih. Aplikasi broker yang berkualitas seharusnya menyediakan fitur pembukaan rekening via online. Pengguna aplikasi tinggal mengisi formulir di aplikasi. Pengguna harus mengisi data diri seperti nama lengkap, alamat email, nomor ponsel aktif, dan lain-lain. Setelah buka rekening saham, langkah selanjutnya adalah membuka Rekening Dana Nasabah (RDN). 

Kenapa ada 2 rekening yang berbeda? Karena rekening yang pertama untuk melakukan jual beli saham. RDN merupakan rekening khusus di bank yang gunanya menyimpan dana transaksi jual beli saham. Jadi modal yang disetorkan investor dan hasil penjualan saham nantinya akan masuk di RDN. Aplikasi broker saham yang baik juga pada umumnya langsung menyediakan fitur buka RDN online, sehingga pengguna aplikasi tidak perlu ke bank. 

Cara Trading Saham Online

Jika semua rekening sudah dibuat, tinggal lakukan setor modal. Sebagai pemula, sebaiknya pilih trading saham online yang nominalnya rendah. Gunakan kali pertama sebagai proses belajar dan melihat apakah kita cocok main saham online. Setor modal ke RDN sesuai jumlah transaksi yang akan dilakukan. Bila transaksi pertama ini berhasil, kita bisa melakukan pembayaran kewajiban dalam jangka waktu 2 hari setelah transaksi. 

Lalu pilih saham apa yang menurut Anda bagus di tahun 2021. Anda bisa menghafal kodenya agar lebih mudah untuk order. Tentukan harga di aplikasi, bisa pilih harga beli dan harga jual yang sama agar lebih mudah, atau di bawahnya. Dengan adanya broker saham online, cara trading saham kini semakin mudah dan praktis.