Cara Pinjam Uang di Pegadaian: Aman dan Bebas Risiko

Perlu diketahui bahwa cara pinjam uang di Pegadaian memerlukan jaminan. Jadi, istilahnya adalah kredit dengan agunan. Pegadaian memberikan beberapa syarat dan prosedur khusus untuk bisa mengakses pinjaman. Berikut adalah beberapa informasinya. 

Sebelum Mengetahui Cara Pinjam Uang di Pegadaian, Pahami Syaratnya

Ada beberapa syarat pinjam uang di Pegadaian. Misalnya saja merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan dokumen Kartu Tanda Penduduk (KTP) baik oleh diri sendiri maupun pasangan (suami atau istri).  Selain KTP Anda dan pasangan yang asli, dibutuhkan juga fotokoppiannya. Kemudian, Anda juga setidaknya harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun ketika pelunasan. 

Syarat meminjam uang di Pegadaian berikutnya yaitu wajib punya pekerjaan tetap setidaknya selama satu tahun terakhir. Jangan lupa siapkan pula foto calon peminjam dan pastikan formal, sebaiknya pas foto dengan ukuran yang sesuai. 

Data berikutnya yaitu Kartu Keluarga yang asli maupun fotokopi. Jangan lupa bawa juga Surat Tanda  Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan yang akan digadaikan baik itu mobil maupun motor. Datanya harus asli dan membawa salinan fotocopy.

Pastikan juga membawa  dokumen asli serta fotokopi dari BPKB kendaraan yang akan digadaikan. Kemudian, cara mengajukan pinjaman di Pegadaian yang harus ditaati adalah membawa foto kendaraan yang dimaksud. Sebaiknya bawa saja kendaraan tersebut sekaligus agar prosesnya cepat. 

Berikutnya, agar Anda bisa segera melakukan step by step cara meminjam uang di Pegadaian maka harus melampirkan dokumen foto tempat kerja Anda. Lalu, ikuti prosedur yang selanjutnya. 

Step by Step Cara Pinjam Uang di Pegadaian

Setelah semua syarat pengajuan pinjaman di Pegadaian terpenuhi, maka selanjutnya yaitu melakukan step by step prosedurnya. Inilah beberapa rincian yang harus Anda pahami:

  • Ketahui Informasi Seputar Pinjaman dan Siapkan Dokumen 

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk pinjam uang di Pegadaian adalah memastikan semua syarat lengkap dan Anda sudah mengetahui soal tenornya. Pilih yang sesuai dengan kemampuan bayar. 

  • Datang ke Pegadaian

Anda bisa langsung ke Pegadaian baik yang pusat maupun cabang. Asalkan dokumen lengkap, maka prosedurnya sudah bisa dijalankan. Setelah sampai, maka ambillah antrian serta ikuti antrian hingga dipanggil. 

  • Serahkan Dokumen dan Isi Formulir

Kemudian, Anda bisa menyerahkan dokumen lampiran yang sesuai dengan formulir. Isi formulir sesuai dengan informasi yang detail dan jujur hingga tak sampai salah saat proses verifikasi. 

  • Menunggu Kendaraan Dihitung Taksirannya

Setelah menerima semua dokumen persyaratan, maka petugas akan mengkalkulasi berapa besar pinjaman yang bisa diberikan. Tentunya didukung oleh BPKB dan juga STNK yang telah dilampirkan sebelumnya serta foto kendaraan. Ingat, di Pegadaian Anda hanya bisa menjaminkan kendaraan yang usianya 5 tahun ke bawah. 

  • Pembuatan Surat Bukti Kredit

Apabila Anda menyetujui jumlah taksiran dari hasil kalkulasi tersebut, maka petugas akan membantu proses penerbitan Surat Bukti Kredit atau SBK. Kemudian, Anda wajib mendengarkan dengan seksama bagaimana skema pengembalian, jumlah bunga, tenor dan semua informasi pentingnya. Anda tinggal menandatangani SBK jika sudah cocok dengan isi perjanjian tersebut. 

  • Pembayaran Biaya Administrasi dan Penerimaan Bukti Pinjaman

Pada tahun 2021 ini, Anda bisa segera menerima bukti pinjaman secara cepat. Kemudian, Anda bisa membayar biaya administrasi 10% dari total pinjaman. Setelah itu, Anda dapat segera memanfaatkan uang yang dipinjam dari pegadaian. 

Cara Pinjam Uang di Pegadaian yang Super Praktis

Sesuai dengan taglinenya yang siap membantu Anda mengatasi masalah tanpa masalah, Pegadaian juga memberikan opsi cara meminjam uang di Pegadaian tanpa jaminan. Kemudian, jika menggunakan jaminan ada keunggulannya sendiri yaitu bisa tak terbatas sampai kapan saja, asalkan Anda membayar bunganya dan tidak sampai dilelang. 

Cara pinjam uang ke Pegadaian memang sangat mudah. Karena itu, manfaatkan layanan dari BUMN yang satu ini untuk bisa menjadi opsi pembiayaan darurat atau jika Anda membutuhkan uang secara mendadak namun belum memiliki dana darurat. Prosesnya cukup cepat sehingga bisa memberikan uang instan tanpa risiko dan pasti jaminannya aman serta bebas penipuan.