Cara Memulai Bisnis Online Tahun 2021 yang Berbasis Sosmed

Cara memulai bisnis online bisa dilakukan melalui website, toko online, marketplace, maupun sosial media. Masing-masing memiliki plus minus sehingga harus dipertimbangkan juga seberapa banyak waktu dibutuhkan untuk promosi dan seperti apa konten yang sesuai dengan target market. Inilah beberapa strategi yang bisa dilakukan pemula agar bisa sukses jualan via online. 

Cara Memulai Bisnis Online Via Facebook

Cara memulai bisnis online dari nol bisa sukses besar dengan bantuan sosial media. Salah satu sosial media tertua dan masih banyak peminatnya adalah Facebook. Anda bisa membuat konten atau melakukan live dengan mengundang sebanyak-banyaknya teman. Lalu, jangan lupa untuk membuat page yang isinya tentang konten bisnis Anda. 

Kemudian, Anda juga bisa melakukan giveaway yang salah satu syaratnya harus share tentang page atau halaman bisnis lalu wajib mengumpulkan sebanyak-banyaknya comment and like. Dengan demikian, popularitas dari bisnis online Anda pun bisa lebih cepat terdongkrak. Cara ini merupakan salah satu strategi bisnis online untuk pemula yang bisa cuan. 

Cara Memulai Bisnis Online Via Marketplace

Saat ini, banyak marketplace yang memberikan kemudahan bagi para pebisnis muda untuk memiliki toko online sendiri. Caranya cukup mudah, Anda bisa mendaftarkan diri menjadi seller, kemudian memulai proses verifikasi. Lakukan upload foto setiap hari dan share linknya ke teman-teman digrup chat, teman kerja, dan buatlah konten di sosial media juga, yang menjelaskan bahwa Anda memiliki bisnis online. 

Banyak orang yang memulai bisnis online dari marketplace dan mendulang kesuksesan. Mulai dari anak sekolah, anak kuliah, maupun pekerja dan ibu-ibu juga bisa bergabung menjadi seller. Tidak ada aturan khusus tentang siapa saja yang bisa berjualan. Sehingga yang dibutuhkan hanyalah kegigihan untuk terus update apa yang akan dijual dan secara kontinu memberikan pelayanan terbaik. 

Anda bisa menjual apa saja yang menarik. Mulai dari aksesoris, baju, makanan, minuman, bahan untuk memasak, dan banyak lagi. Bahkan banyak juga orang yang berjualan kosmetik serta skincare yang sedang booming untuk memastikan bahwa produknya akan tetap banyak dicari. Pastikan pengemasan selalu rapi dengan bubble wrap dan jangan sampai salah mengemas orderan supaya bisa memaksimalkan nilai dan bintang pada marketplace tersebut. 

Cara Memulai Bisnis Online Via Whatsapp

Cara berbisnis online bagi pemula juga bisa dilakukan dengan sosial media yang satu ini. Anda bisa saling save nomor kontak orang lain dan kemudian bergabung dengan grup jual beli. Lalu, rajin-rajinlah posting jualan karena akan membantu menaikkan kepercayaan pelanggan terhadap produk tersebut. 

Status Whatsapp juga bisa menjadi media promosi testimoni dari pelanggan sebelumnya. Jika Anda belum punya pelanggan, maka bisa mengirim contoh produk ke teman dan meminta mereka memberikan testimoni positif tentang apa saja yang Anda jual. Apabila memiliki teman influencer, gunakan linknya untuk membantu mempromosikan. Tentu saja secara profesional dan tetap membayar. Siapa tahu, Anda akan mendapatkan ‘harga teman’ khusus tanpa diminta. 

Cara Memulai Bisnis Online Via TikTok dan Instagram

Berbeda dengan cara bisnis online pemula di Facebook yang bisa langsung jualan, Anda harus membuat konten dengan hashtag yang menarik agar bisa FYP. Di Instagram, cara ini juga bisa dilakukan hanya saja lebih berbasis gambar. Namun, tak menutup kemungkinan bagi Anda untuk re-upload konten TikTok milik pribadi menjadi video Instagram. 

Cara memulai bisnis online shop baju dengan kedua sosial media ini yaitu menggunakan fitur live. Untuk Instagram, tak perlu minimal pengikut untuk bisa live. Tetapi, untuk TikTok ada minimal jumlah pengikutnya yaitu 1000 orang. Jadi, pastikan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya pengikut dengan berbagai cara. Minta follow back teman, melakukan endorsement yang agak terjangkau, dan sebagainya. 

Cara-cara sederhana di atas bisa membantu Anda memulai bisnis online pemula bahkan tanpa modal untuk sponsor sama sekali. Anda cukup menyiapkan kuota dan sejumlah waktu untuk membuat konten berkualitas. Kemudian, lakukan secara kontinyu dan jangan lupa sering-sering berkomentar di lapak orang lain sambil menjalin link antar sesama penjual online shop.