Tips dan Cara Melunaskan Hutang Secara Cepat 

Cara melunaskan hutang perlu diketahui oleh semua orang. Karena saat ini banyak orang yang terlilit pinjaman baik secara offline maupun online. Dengan banyaknya hutang, tentu kebutuhan bisa terabaikan dan hal-hal penting juga tidak bisa dicapai. Karena itulah, ini beberapa hal yang dapat dilakukan agar hutang bisa benar-benar hilang. 

Cara Melunaskan Hutang Secara Cepat Bersama Keluarga

Langkah yang pertama yaitu catat semua sumber hutang dan nominalnya. Kemudian, komunikasikan dengan keluarga. Apakah harus melibatkan keluarga besar atau keluarga inti saja? Jawabannya tergantung dari tingkat kedekatan, adat budaya dan lain sebagainya. Namun, mengkomunikasikan jumlah hutang sangat penting agar keluarga bisa menyemangati. 

Selain itu, Anda dan keluarga juga bisa mencoba strategi hutang lunas dengan istighfar. Dengan beristighfar apalagi dilakukan banyak orang sekaligus, sugesti dan energi di rumah akan menjadi positif. Kemudian, semangat kerja akan bertambah dan rasa syukur akan bisa menambah keseriusan dalam menabung untuk pelunasan.

Menyumbang Setiap Pagi Sebagai Cara Melunaskan Hutang Secara Cepat 

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah bersedekah di pagi hari setelah menjalankan ritual ibadah. Sedekah pagi selain bisa membantu orang lain juga dapat membersihkan harta.Sehingga Anda akan lebih bersemangat dalam memaksimalkan amalan lunas hutang 1 hari tersebut.

 Apalagi melihat kebahagiaan orang yang menerima bantuan tersebut. Meskipun sedikit, ternyata berarti bagi orang lain. Ini adalah value effect yang bisa membuat Anda jadi tak ingin berhutang lagi ke depannya. 

Cara Melunaskan Hutang dengan Dicicil Meskipun Sedikit

Tentu saja, solusi lunas hutang adalah dengan dibayar. Meskipun cicil sedikit demi sedikit, setidaknya setiap hari melakukan setor tunai ke bank untuk pembayaran. Atau Anda bisa menggunakan salah satu akun bank untuk menyimpan uang terlebih dahulu. Sehingga nanti ketika sebelum jatuh tempo, hutangnya sudah bisa dibayar atau setidaknya dicicil. 

Sebaiknya hindari hutang yang berbunga. Namun, jika sudah terlanjur Anda mengambil hutang tersebut maka solusinya adalah memangkas habis pengeluaran-pengeluaran selain primer. Jangan makan siang di kantor, dan sebagai gantinya bawalah bekal.

Kemudian, jangan lupa untuk sarapan pagi di rumah agar tidak ingin membeli makanan di tempat lain yang tentunya bisa memicu konsumerisme. Meskipun kesannya hanya membeli makanan dengan harga murah, tetapi bila terus menerus terjadi tentu bukan pilihan yang positif. 

Cara Melunaskan Hutang dengan Dana Darurat

Impian semua orang yang memiliki tunggakan adalah bisa cepat lunas hutang. Namun, siapa sangka tidak banyak orang yang bisa cepat melunasi hutangnya. Apabila Anda memiliki dana darurat, maka tak ada salahnya untuk mengalokasikan untuk membayar hutang terlebih dahulu. Ini sangat penting, terutama jika Anda terjebak dalam hutang besar dengan bunga yang besar pula. 

Tentu harus diutamakan untuk pembayaran hutang dulu sebelum menabung. Meskipun kesannya berisiko, tetapi cara agar hutang cepat lunas yang satu ini akan bisa memaksimalkan financial planning menjadi bebas hutang. Dengan demikian, Anda bisa kembali merencanakan strategi finansial yang selanjutnya tanpa harus berpikir lagi soal hutang. 

Cara Melunaskan Hutang dengan Menjual Aset

Selain dana darurat, Anda juga bisa menjual aset agar hutang cepat lunas. Sebaiknya, sesuaikan aset yang dijual dengan jumlah yang dibutuhkan. Misalnya Anda hanya perlu menjual motor untuk membayar hutang, maka tidak perlu menggadaikan atau menjual mobil. Karena sisa dari uang yang awalnya untuk pembayaran bisa lari ke berbagai post tak terduga dan menyebabkan konsumerisme. Tingkat konsumerisme yang tinggi akan bisa memicu hutang lainnya. 

Solusi hutang lunas dengan menjual aset yaitu memastikan barang yang dijual dari kecil ke besar dan bukan sebaliknya. Sebagai contoh, apabila memiliki logam mulia maka juallah mulai dari yang gramasinya kecil terlebih dahulu. Karena ini sangat penting dan yang gramasinya besar akan lebih sulit untuk dibeli akibat harga lebih mahal. 

Pada tahun 2021, sudah banyak solusi pelunasan hutang yang tak menimbulkan masalah. Anda dapat pergi ke pegadaian jika memiliki masalah keuangan. Lalu menyelesaikan pembayaran dan perlahan mencicil untuk penebusan. Jangan lupa untuk terus semangat dalam melunasi hutang.