Ini Dia Cara Investasi di Bibit, Dijamin Mudah!

Ingin berinvestasi untuk kondisi keuangan di masa depan yang lebih baik tapi tidak tahu bagaimana cara investasi yang tepat? Atau merasa minder untuk investasi karena hanya punya modal terbatas? Reksa dana adalah jenis investasi yang banyak dianjurkan untuk pemula yang belum memiliki keahlian dan pengetahuan banyak tentang investasi. Bagi calon investor yang tidak punya cukup waktu untuk mempelajari seluk-beluk investasi, reksa dana juga merupakan pilihan tepat. 

Reksa dana merupakan cara investasi di mana dana investor dikumpulkan dan disetor ke manajer investasi. Manajer investasi yang bertugas mengolah dan mengelola dana untuk dibagikan ke beberapa instrumen investasi, yang telah dipilih sebelumnya dan sudah tertera di prospektus reksa dana. Dengan menggunakan manajer investasi yang tepat, investor bisa mendapatkan keuntungan. 

Inilah tujuan didirikannya aplikasi Bibit oleh PT Bibit Tumbuh Bersama. Bibit akan bertindak sebagai penasihat dan manajer investasi secara online. Kehadiran aplikasi Bibit dapat membantu investor pemula yang ingin terjun ke dunia reksa dana. Lalu bagaimana cara investasi di Bibit? Kenali aplikasinya di bawah ini. 

Cara Investasi di Bibit – Registrasi

Kemunculan aplikasi Bibit Reksadana cukup menyita perhatian banyak orang yang ingin berinvestasi. Investasi saham, Reksadana, dan lain sebagainya masih dianggap sebagai konsep yang rumit dan butuh modal besar. Karena itu, banyak orang yang masih maju mundur untuk mulai berinvestasi. Dengan adanya aplikasi investasi Bibit untuk pemula, kini semakin banyak orang bisa berinvestasi dengan harapan bisa meningkatkan kondisi ekonomi mereka di tengah tuntutan zaman yang kian tinggi saat ini. 

Cara investasi Bibit sangat mudah. Langkah pertama adalah unduh aplikasi Bibit yang tersedia di PlayStore dan AppStore. Setelah terpasang, lakukan registrasi dengan memasukkan tanggal lahir. Lalu pengguna akan diminta mengisi kuesioner singkat, agar tim Bibit tahu tujuan investasi pengguna. Setiap pengguna punya tujuan investasi dan kondisi finansial yang berbeda-beda. Bibit akan menyiapkan rencana investasi sesuai dengan tujuan pengguna. 

Setelah mengisi kuesioner, pengguna harus mengisi data diri dan mengunggah foto KTP dan selfie dengan KTP, serta membubuhkan tanda tangan di tempat yang telah disediakan di layar. setelah itu, buat PIN dan verifikasi alamat email. Langkah pendaftaran telah selesai, lalu tunggu sesaat karena tim Bibit melakukan verifikasi data. Verifikasi akan selesai dalam, waktu 1×24 jam. 

Cara Investasi di Bibit – Beli Reksa Dana

Setelah registrasi selesai, saatnya cari tahu cara main Bibit Reksadana. Semua proses investasi di Bibit dilakukan secara online. Cara beli saham di Bibit adalah klik opsi Investasi Sekarang di halaman utama aplikasi. Masukkan nominal reksadana yang akan Anda beli, minimal modalnya adalah Rp 100 ribu. Lalu muncul prospektus reksa dana, baca terlebih dahulu untuk mengetahui ke mana dana Anda akan dialirkan, lalu ‘saya menyetujui pembelian reksa dana’ dan klik ‘bayar sekarang’. 

Sekarang saatnya membayar pembelian dengan beberapa metode. Pilih salah satu antara Virtual Account, LinkAja, atau transfer manual. Kemudian selesaikan pembayaran sesuai metode yang dipilih. Anda sudah berhasil beli reksa dana di Bibit. 

Cara Investasi di Bibit – Jual Reksa Dana

Reksa dana yang Anda miliki juga bisa dijual. Cara jual Reksadana di Bibit juga mudah. Masuk ke halaman utama Bibit dan pilih Portofolio, jika ada beberapa pilihan, pilih portofolio yang ingin dijual lalu klik Jual. Pengguna akan diminta memasukkan PIN sebagai konfirmasi sebelum transaksi penjualan dilakukan. Kemudian pengguna tinggal menunggu notifikasi melalui email jika hasil penjualan telah masuk ke rekening. 

Proses verifikasi ini butuh waktu maksimal 7 hari kerja, sesuai dengan prosedur dari OJK. Jenis reksa dana pasar uang dapat mencairkan dana lebih cepat, yaitu 2 hingga 3 hari kerja. Karena itu, diharapkan investor di Bibit bersabar menunggu hingga dana hasil penjualan masuk ke rekening. Cara mencairkan Reksadana Bibit sangat mudah dan tidak akan dipotong biaya atau dikenakan penalti. Jadi bisa menjual atau mencairkan reksa dana kapan saja. Di tahun 2021, tak perlu ragu mempraktikkan cara investasi di Bibit yang mudah dan aman.