Bisnis Sampingan yang Bisa Dikerjakan di Desa Maupun Kota

Bisnis sampingan kini banyak dilakukan oleh pemuda maupun orang yang sudah lama bekerja dan membutuhkan lebih banyak uang. Ada yang memerlukan peningkatan taraf hidup, kebutuhan pendidikan tinggi, dan kebutuhan pasca menikah. Tentunya, tak ada bisnis yang mudah dijalankan dan mulus. Salah satu faktor penentu keberhasilannya adalah kecocokan antara lokasi usaha dengan jenis yang dijalankan. 

Apa Saja Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Area Perkotaan?

Usaha sampingan di rumah untuk Anda yang tinggal di perkotaan bisa terfokus pada pelayanan dan jasa. Karena jika menciptakan sesuatu tentu membutuhkan space cukup besar dan ada potensi kurangnya lahan. Jadi, pelayanan jasa akan sangat prospektif untuk bisnis kecil-kecilan. 

Contoh jenis bisnis yang recommended adalah laundry. Kini, banyak anak kos atau orang yang mengontrak sepetak kamar untuk bertahan hidup di kota. Tentunya, tak banyak yang bisa dilakukan dengan rumah berukuran terbatas, sehingga jasa cuci baju sangat dibutuhkan. Anda bisa memulainya dari satu unit mesin cuci terlebih dahulu dan mengerjakan dari rumah. 

Kerja sampingan di rumah ini sangat menguntungkan karena hanya mengandalkan mesin cuci, detergen, dan juga sinar matahari serta setrika tanpa keahlian lebih. Semua orang bisa melakukannya. Yang perlu Anda perhatikan hanyalah ketelitian menghitung berat, menghitung omzet, serta kerapihan dan jangan sampai pakaiannya bermasalah setelah dicuci. 

Lalu, jenis usaha lain yang tak kalah menguntungkannya adalah jasa les privat. Ini merupakan pekerjaan sampingan yang bahkan bisa dilakukan oleh mahasiswa maupun guru yang notabene sudah ada di rumah saat sore hari. 

Jadi, sepulang beraktivitas harian, Anda dapat istirahat sebentar dan membuka kelas sore atau malam di rumah. Siswanya bisa berbeda-beda menyesuaikan ukuran rumah atau ruangan yang dipakai. Bisa 5-10 orang per sesi dalam jangka waktu 1,5 jam.

Dalam sehari, Anda bisa menjalankan pengajaran selama 2 sesi. Sesi kelas kecil dan kelas besar. Siapa sangka, bisnis ini sangat prospektif karena banyak siswa yang mengalami kesulitan di sekolah dan jam pelajaran pun terbatas untuk mengakomodasi pemahaman seluruh siswa. Tentunya ini bisa menjadi ladang bisnis yang prospektif. 

Apa Saja Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Area Pedesaan?

Berbeda dengan di kota, di desa banyak orang yang tidak membutuhkan jasa orang lain karena memiliki banyak waktu dan tidak bekerja sesibuk orang kota. Dengan demikian, jika Anda ingin mengembangkan usaha sampingan di desa maka pastikan untuk menggunakan waktu dan space yang ada untuk membuat produk, berbudidaya, atau membuat barang setengah jadi untuk dijual ke kota. 

Tak hanya dijual secara offline, Anda juga bisa menjualnya secara online. Ini akan sangat membantu distribusi karena sistem online membuat pembeli harus membayar biaya ongkos kirim, kecuali ada program free ongkir. Karena itulah, banyak orang yang sukses menjalankan bisnis online di tahun 2021 ini. 

Anda dapat mencoba kerja sampingan online dengan budidaya tanaman organik, membuat camilan siap goreng, frozen food, hingga kerajinan. Dengan memiliki ide ini dan mengeksekusinya, Anda bahkan bisa juga mempekerjakan ibu-ibu di desa untuk bisa lebih berdaya dan mandiri secara finansial. 

Karena itulah, pekerjaan ini banyak membuat lapangan pekerjaan warga di desa. Tak hanya menguntungkan bagi Anda, ini akan menguntungkan bagi banyak orang sekaligus. Yang lebih menarik lagi, siapa saja bisa bergabung dalam tim pembuatan aneka produk bisnis Anda, mulai dari anak-anak yang putus sekolah, wanita yang menikah muda karena keterbatasan ekonomi, sampai ibu rumah tangga. 

Dengan menciptakan usaha sampingan ibu rumah tangga yang prospektif, maka Anda tentu dapat lebih banyak memperoleh keuntungan. Mulai dari keuntungan finansial, dukungan dari masyarakat, dan bisa jadi usaha tersebut didanai pemerintah sebagai salah satu usaha penggerak di desa. 

Meskipun Anda adalah seorang karyawan yang sudah memiliki gaji tetap, melakukan bisnis kecil-kecilan tidak akan menjadi hambatan selama ada pengaturan jadwal yang baik. Bahkan, usaha sampingan karyawan bisa juga menjadi financial plan yang baik untuk persiapan pensiun atau jika kontrak kerja tidak diperpanjang lagi.