Wisata Murah Taman Bungkul

 

Taman Bungkul Surabaya (1)Sebagai salah satu kota besar dengan tingkat polusi yang cukup tinggi, Kota Surabaya memiliki sejumlah taman kota yang berfungsi meminimalisir hal tersebut. Taman-taman ini dikelola dengan cukup baik dan tampak indah. Dengan banyaknya pepohonan yang dimiliki, taman-taman ini menjadi tempat yang pas untuk beristirahat sejenak dari kesibukan pekerjaan dan mengisi paru-paru kita dengan lebih banyak oksigen untuk kondisi badan dan pikiran yang lebih baik. Salah satu taman kota yang bisa anda kunjungi di Surabaya adalah Taman Bungkul. Taman ini berhasil memadukan fungsi rekreasi, sosial, pendidikan dan budaya menjadi satu. Tak heran jika taman ini berhasil mendapatkan Asian Townscape Award pada tahun 2013 yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

makam bungkulTaman yang berdiri di area seluas 900 m² berada  di Jalan Raya Darmo tak jauh dari lokasi Kebun Binatang Surabaya. Nama Taman Bungkul berasal dari keberadaan makam salah satu sunan dan mertua dari Sunan Giri yang bernama Ki Ageng Supa atau yang lebih dikenal dengan Mbah Bungkul. Makam Mbah Bungkul ini kerap dikunjungi para peziarah yang menjadikan taman di sekitar makam ini cukup ramai. Apalagi semenjak taman ini diubah menjadi taman yang sempurna oleh pemerintah setempat, pengunjung taman ini terus meningkat. Banyak kawula muda yang menggunakan taman ini sebagai tempat nongkrong. Banyak pula keluarga dan pasangan yang menghabiskan waktu bersama di taman ini. Nah, mari kita simak apa yang membuat taman ini menjadi begitu diminati oleh warga Surabaya dan sekitarnya.

bungkul-park-surabaya-081. Taman Ramah Anak dan Keluarga

Taman yang mulai diresmikan sejak 21 Maret 2007 ini memiliki sejumlah fasilitas permainan yang akan membuat anak-anak anda betah berlama-lama di sana. Ada permainan jungkat-jungkit, seluncuran, ayunan, dan beberapa permainan lainnya. Ada pula kolam air mancur dan green park yang semakin mempermanis keberadaan taman. Anda juga bisa jogging bersama buah hati anda di sepanjang jogging track yang ada di taman.

skateboard track bungkul2. Tempat Nyaman Para Komunitas

Dengan penataan taman yang nyaman, sejumlah komunitas kerap menggunakan Taman Bungkul sebagai area mereka berkumpul, baik untuk sekedar ngobrol atapun melakukan aktivitas dan event mereka. Apalagi Taman Bungkul juga dilengkapi dengan skateboard track yang kerap digunakan pecinta skateboard untuk berlatih. Para pecinta sepeda BMX juga kerap menggunakan area tersebut untuk berlatih. Nongkrong di Taman Bungkul semakin seru dengan adanya akses WiFi gratis yang bisa diakses untuk umum. Taman ini juga dilengkapi dengan keran air siap minum bagi semua pengunjung taman.

sentra PKL bungkul3. Sentra PKL yang Tertata

Ngobrol memangg seru kalau ditemani dengan camilan. Tapi terkadang keberadaan pedagang kaki lima kerap merusak keindahan taman. Namun hal ini tidak akan dijumpai di Taman Bungkul. Sentra PKL tertata dengan rapi yang akan membuat kita nyaman selama bersantap dan keindahan taman tetap terjaga. Beberapa kuliner khas Surabaya seperti rujak cingur, lontong balap, dan sebagainya.

amfiteater bungkul4. Taman Sejuta Event

Taman Bungkul kerap digunakan sebagai tempat acara-acara penting di Surabaya. Dengan amfiteater berdiameter 33 m, Taman Bungkul menjadi tempat yang pas untuk melakukan banyak acara. Di hari minggu anda bisa mengikuti Car Free Day yang begitu ramai di Taman Bungkul. Jadi pastikan untuk menikmati kesegaran udara di Taman Bungkul dan bersenang-senanglah di sana dengan semua fasilitas yang dimiliki Taman Bungkul.

Refrensi:

  • http://www.merdeka.com/peristiwa/lima-keunikan-taman-bungkul-surabaya/sentra-pkl-tertata-rapi-di-taman-bungkul.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Bungkul

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.