Wisata Air Terjun sekaligus Pantai Di Pantai Toroan Madura

pantai toroanPulau Madura jangan cuma diingat sebagai penghasil garam maupun sate aja travelers, karena pulau ini juga memiliki pesona alam yang begitu menakjubkan. Sudah ikut Paket Tour Gili Labak kitakan? Indah bukan pulau kecil yang masih dalam kawasan Madura tersebut. Jadi jangan ragu lagi buat eksplore Pulau Madura. Apalagi sudah ada Jembatan Suramadu yang makin mempermudah akses menuju ke sini. Dan kali ini Madura akan menawarkan pemandangan air terjun sekaligus pantai dalam satu tempat. Bukan karena lokasinya yang bersebelahan ya travelers, tapi memang air terjun ini langsung jatuh ke pantai. Gak percaya, yuk langsung datang aja ke Pantai Toroan yang ada di Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang. Dari Surabaya kurang lebih jarak yang harus ditempuh mencapai 105 km. Namun jika dari arah Ketapang, hanya perlu menempuh jarak 4 km saja. Meski demikian akses untuk menuju ke sana cukup curam dan diperlukan kewaspadaan yang cukup tinggi karena jalan yang tidak rata. Ya, memang untuk menuju sesuatu yang menakjubkan diperlukan usaha keras dan perjuangan.

PRomo Madura

pantai toroan1Untungnya lokasi Pantai Toroan tak terlalu jauh dari jalan raya dengan sejumlah angkutan umum yang banyak melintas. Namun jika travelers menggunakan kendaraan pribadi seperti roda dua bisa mengendarainya langsung hingga menuju pantai. Sebaliknya untuk yang membawa roda empat bisa menitipkan kendaraan di rumah penduduk sekitar karena akses masuknya yang terbatas. Travelers perlu berjalan kaki untuk sampai ke pantai dengan menuruni lembah yang curam sejauh 50 meter maupun mengitari batu-batu karang dengan sisa genangan air laut. Air terjun Pantai Toroan memang cukup unik karena air terjun tersebut langsung jatuh ke pantai yang ada di bawahnya, tanpa perlu melintasi pasir pantai. Padahal tinggi air terjun tersebut mencapai 20 meter dan dikala musim penghujan debit airnya yang jatuh akan semakin banyak dan deras.

senja pantai toroanAir Terjuan Toroan berasal dari Sungai Payung yang ada di Kecamatan Timur. Di sekitar air terjun dan pantai terdapat pepohonan rindang yang memberikan suasana sejuk di sekitar pantai. Tak hanya itu, gelombang ombaknya juga ditahan batu-batu besar yang maish utuh sehingga tidak langsung sampai ke bibir pantai. Di sepanjang bibir pantai juga terhampar pasir putih yang bersih yang bisa travelers manfaatkan untuk bersantai, terutam kala sore hari sambil meyaksikan pemandangan matahari yang hendak menutup diri di ufuk barat.

penambang pasir toroanSayangnya keindahan Pantai Toroan harus terusik dengan adanya penambang pasir ilegal. Belum lagi kurangnya perhatian pemerintah untuk mengelola tempat tersebut secara maksimal sehingga tidak ada fasilitas yang bisa dimanfaatkan, baik itu toilet, masjid, maupun rumah makan. Jadi sebelum ke sini harus ada persiapan dari rumah. Paling enak sih ikut Paket Tour Madura kita, jadi gak perlu pusing mikir akomodasi maupun transportasi selama di Madura.

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.