Wisata Air Terjun dan Agrowisata Di Kalibendo

perkebunankalibendoBanyuwangi emang indah ya travelers. Apalagi kini pemerintahnya juga gencar banget promosikan setiap pesona alam yang dimiliki Banyuwangi sehingga semakin dikenal oleh para wisatawan. Dengan keasrian yang ditawarkan membuat kaki gatal untuk segera menjangkaunya. Tapi ternyata nih travelers, Banyuwangi gak cuma punya Blue Fire dan pantai doang loh, karena ternyata Banyuwangi juga memiliki wisata air terjun yang gak kalah keren dan cantik. Asiknya lagi tak jauh dari air terjun tersebut terdapat area perkebunan yang asri banget. Penasaran dengan kedua tempat tersebut? Yuk, langsung aja kita ikutan tour Banyuwangi yang bikin perjalanan kamu ke Banyuwangi jadi begitu mudah dan murah. Ada pemandu yang dengan sabar akan menemani kalian menjelajahi Bumi Blambangan ini. Tapi kalau gak suka ikutan dengan tour buat kebutuhan akomodasi selama di Banyuwangi, travelers bisa menggunakan hotel murah di Banyuwangi yang bikin istirahat kalian pasca liburan kian nyaman.

agrowisatakalibendoTempat yang pertama kali bakal kita kunjungi adalah Perkebunan Kalibendo yang ada di Desa Karanganyar, Kecamatan Licin. Kurang lebih perjalanan yang harus kita tempuh dari Banyuwangi kota sekitar 20 km dengan menggunakan kendaraan bermotor. Di sini ada sejuta pohon yang ditanam yang terdiri dari pohon kopi, cengkeh, karet, dan juga mahoni. Untuk mengembangkan tempat wisata ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bekerja sama dengan PT Perkebunan Kalibendo. Perkebunan ini berada di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Karenanya tak heran jika suhu udara di sini cenderung sejuk dingin, selain lantaran padatnya pepohonan yang ada di sini. Travelers bisa menjelajahi kebun ini dengan bersepeda. Ada sejumlah pos yang bisa digunakan travelers berisitirahat selama melakukan penjelajahan di area kebun.

perkebunan kalibendoDi Perkebunan Kalibendo ini travelers bisa mengenal sejumlah jenis kopi. Tak hanya itu travelers bisa mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana pemetikan dan penggorengan kopi hingga didapat kopi yang berkualitas. Travelers pun bisa menikmati seduhan kopi yang bisa didapatkan dari pedagang setempat. Untuk teman minum kopi, para pedagang juga menyediakan sejumlah jajanan lokal seperti kue cucur, singkong, kacang rebus, ataupun pisang goreng. Atau kalau mau yang lebih segar bisa mencoba es kelapa muda. Di tengah area perkebunan juga kerap diadakan atraksi seni-budaya yang bikin liburan di sini gak cuma sekedar bersantai namun bisa mengenal sejumlah kesenian khas Jawa Timur, terutama Banyuwangi.

air terjun kalibendoKalau ingin bermain air, travelers bisa melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Kalibendo yang berada di Desa kampung Anyar, Kecamatan Glagah. Dari area Perkebunan Kalibendo, travelers bisa berjalan kaki melintasi jalan setapak diantara perkebunan cengkeh dan pohon bendo dengan kontur tanah yang menurun serta berliku. Setibanya di sungai dengan jembatan yang membentang di atasnya, travelers belok kanan, turun ke sungai dan mengikuti aliran sungai tersebut. Setelah berjalan ratusan meter, travelers akan bertemu dengan Air Terjun Kalibendo yang memiliki ketinggian 10 m. Untuk melepas rasa penat lantaran perjalanan panjang demi menemui air terjun ini, langsung aja dah travelers segera mandi di bawah air terjun tersebut. Dingin dan segarnya air terjun akan menghilangkan rasa penat travelers. Tapi kalau gak bisa jalan jauh, travelers juga bisa bermain air di sungai dekat area perkebunan. Yang jelas kedua tempat ini wajib didatangi buat kalian yang ngaku petualang sejati 😉

Refresni:

  • http://travel.kompas.com/read/2013/12/16/1537163/Sensasi.Menyeduh.Kopi.di.Perkebunan.Banyuwangi
  • http://www.iekablog.com/2014/09/wisata-perkebunan-kali-bendo.html
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.