Serunya Belajar Sejarah sambil Wisata Kuliner dari Inggil Museum Resto

inggilmuseumrestoKota Malang gak cuma punya kuliner enak yang patut dijelajahi travelers. Namun juga sejumlah sejarah yang tentunya bikin kamu makin punya pemahaman lebih mengenai sejarah, baik tentang kota Malang, Indonesia, maupun sejarah kulinernya. Tapi kalau harus berkunjung ke museum tentunya agak membosankan ya karena aktivitas yang ditawarkan cuma itu-itu aja. Tapi museum yang ini keren banget loh karena dipadukan dengan restoran. Bangunannya juga gak sendiri-sendiri alias bener-bener menyatu. Jadi sambil makan travelers bisa menikmati juga suasana vintage nan unik sekaligus mempelajari sejarah benda-benda tersebut. Konsep inilah yang kemudian digunakan sebagai nama restoran ini, yakni Inggil Museum Resto. Biar makin menambah kesan vintage, bangunan dan interior restoran ini berkonsep tradisional khas Jawa, terutama kota Malang. Penasaran dong kayak gimana konsep dari Inggil Museum Resto, yuk bareng-bareng ke sana dengan mengikuti tour Malang.

kursi di inggil museum restoInggil Museum Resto telah ada sejak tahun 1996 dan berlokasi di Jalan Gajah Mada No.4. Lokasinya cukup strategis dan begitu mudah untuk mencapainya karena berada tak terlalu jauh dari Stasiun Kota Baru. Jadi yang berangkat ke Malang kdengan kereta bisa langsung mampir mengisi tenaga di restoran ini. Kalau yang naik pesawat juga gak masalah, karena dari Bandara Abdurachman Saleh restoran ini bisa dicapai hanya dalam waktu 30 menit. Mengunjungi restoran yang satu bakal ngajak kamu berpetualang kembali ke Malang tempo dulu. Bagaimana tidak, suasana tradisional begitu melekat pada restoran ini. Kursi-kursi khas dari zaman dahulu yang berwarna hijau menghiasi restoran ini. Meja berwarna senada semakin melengkapi suasana tempo dulu museum. Ada juga tempat lesehan buat traveler yang ingin bersantai. Beragam benda kuno juga menghiasi restoran ini, mulai dari foto, lukisan, sampai beberapa lembar tulisan tangan yang bersejarah. Hal inilah yang membuat Inggil Museum Resto menjadi mirip seperti museum.

inggil museum resto koleksiKoleksi yang ada di Inggil Museum Resto merupakan koleksi pribadi sang pemilik yang kemudian membuka Museum Malang Tempo Doeloe. Pada awalnya Museum Malang Tempo Doeloe berada di Jalan Soekarno Hatta. Kemudian karena sang pemilik ingin memberikan suasana yang menarik dan menyenangkan bagi pengunjung museum, maka Museum Malang Tempo Doeloe berpindah ke Jalan Gajah Mada dan menjadi lokasi dengan Rumah Inggil Resto dan jadilah Inggil Museum Resto. Kamu bisa melihat suasana kota Malang tempo dulu yang masih begitu asri melalui foto-foto yang dipajang di sana. Kemudian ada juga tempat pemutar piringan hitam, telfon pada zaman dahulu, radio, mesin jahit, hingga mesin ketik dimana kita bernostalgia kala melihat benda-benda tersebut yang zaman dahulu bisa kita saksikan digunakan oleh para orang tua kita. Ada juga sejumlah topeng, jam kuno, dan uang kuno. Jadi sambil nunggu pesanan kamu datang, travelers bisa mengelilingi restoran dan melihat beragam koleksi kunonya yang dijamin bikin pengetahuan kamu makin bertambah.

inggil museum restoUntuk menunya sendiri, Inggil Museum Resto menyajikan beragam kuliner tradisional khas Jawa Timur. Namun yang terkenal adalah sajian pecelnya. Ada beberapa pecel yang bisa dinikmati. Salah satunya adalah pecel sayur jawa yang berisi sayuran rebus seperti kangkung, kacang panjang, dan taoge yang kemudian disiram dengan bumbu pecel dengan rasa sedikit pedas. Sebagai pelengkap, ditambahkan ikan teri yang digoreng garing. Kemudian ada pecel terong yang berisikan terong yang digoreng dan disiram dengan sambal kacang. Selain pecel, menu tradisional lainnya yang bisa dicoba adalah urap-urap yang berisi sayur rabus seperti kacang panjang, taoge muda, dan daun kemangi. Namun sebagai sambalnya bukan sambal kacang melainkan sambal yang terbuat dari parutan kelapa dan terasi. Menu andalan lainnya dari Inggil Museum Resto adalah mendol atau yang juga dikenal denga perkedel tempe. Kalau yang mau lauk dari protein hewani bisa menikmati ayam goreng, ayam bakar, ayam penyet, dan sejumlah olahan seafood.

inggil13Tapi yang harus diingat nih travelers, meski mengusung konsep jadul dan tradisional, namun Inggil Museum Resto juga memiliki layanan hotspot yang bisa kamu akses secara gartis. So, tetep bisa update informasi terbaru deh di sini. Jadi buat travelers yang suka berwisata kuliner dan berwisata sejarah bisa mengunjungi Inggil Museum Resto. Restoran ini buka mulai dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 10.00 malam. Kamu bisa belajar sejarah secara menyenangkan dengan sajian kuliner tradisional yang menggoda dan harga terjangkau. Yuk buruan, sebelum kehabisan 😉 Yang lagi nginap di hotel murah di Malang sekitaran Jalan Tugu juga bisa makan siang di sini.

Refrensi:

http://www.republika.co.id/berita/koran/leasure/14/10/28/ne54oe25-restoran-inggil-rumah-makan-merangkap-museum

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.