Sejuta Pesona Pantai Bajul Mati

Pantai_Bajul_MatiTravelers sudah mengunjungi Pantai Goa China? Indah sekali bukan pemandangan yang ditawarkan. Pasti bikin ketagihan buat ke sana lagi. Eits, tunggu dulu. Sebelum nangkring lagi ke Pantai Goa China, gimana kalau travelers singgah sebentar ke Pantai Bajul Mati. Dijamin, di sini pun travelers gak akan mau pulang karena terpesona melihat keindahannya. Lokasi Pantai Bajul Mati gak terlalu jauh kok dari Pantai Goa China. Bahkna pantai ini terletak 10 menit sebelum sampai di Pantai Goa China, tepatnnya di Desa Bajul Mati, Kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Jika dari pusat kota Malang, pantai ini berjaak 58 km di sebelah selatannya.

pantai-bajul-matiUntuk akses ke Pantai Bajul Mati, dari kota Malang anda bisa melanjutkan perjalanan melewati Turen untuk selanjutnya berbelok ke selatan menuju Sumbermanjing Wetan. Namun sepanjang perjalanan travelers harus berhati-hati karena meski akses jalannya telah beraspal mulus namun jalurnya mengikuti jalur pegunungan yang berkelok. Stamina dan tenaga juga harus terjaga dengan baik di sepanjang perjalanan karena perjalanan yang anda lalui jarang pemukiman sehingga begitu sepi dan akan kesulitan dalam mencari pertolongan. Tapi dengan semakin banyaknya kunjungan wisatawan ke Pantai Bajul Mati, semenjak dibuka di tahun 2011, travelers tidak akan sendirian melakukan perjalanan ke sana. Siapa tahu banyak travelers lain yang akan travelers temui di sepanjang perjalanan menuju Pantai Bajul Mati.

pantai-bajul-mati-12-1024x683Sebelum sampai di Pantai Bajul Mati, travelers akan menemukan jembata dengan bentuk yang cukup unik dengan tiangnya yang membentuk setengah lingkaran. Jembatan dengan panjang 90 meter ini membentang di atas sungai yang cukup lebar dimana air sungai ini pun akan sampai di Pantai Bajul Mati. Karena lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Bajul Mati maka  jembatan ini pun diberi nama yang sama. Tak hanya menjadi akses ke Pantai Bajul Mati namun jembatan ini juga menjadi akses jika travelers ingin mengunjungi Sendang Biru. Jika ingin bernarsis ria sepanjang perjalanan, jembatan ini bisa menjadi spot yang tepat karna dari atas jembatan ini saja travelers sudah bisa melihat keindahan Pantai Bajul Mati. Ditambah lagi dengan bentuk jembatannya yang unik yan awas bikin travelers lupa tujuan awal datang ke sini karena keasikan berfoto 😉

bajulmati-2Untuk masuk ke Pantai Bajul Mati, travelers hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000/orang dan silahkan menikmati keselueruhan keindahan dari pantai ini. Pantai Bajul Mati memiliki pasis putih yang bersih dan terhampar luas. Sayangnya karena lokasi pantai yang cukup curam membuat pantai ini tidak direkomendasikan untuk akses berenang. Jika hanya ingin menikmati jilatan ombaknya, travelers bisa berdiri di bibir pantai ataupun bermain air di sebuah muara sungai tak jauh dari pantai, tepatnya si sebelah barat bibir pantai. Muara sungai ini memiliki air berwarna hijau jernih dengan aliran air yang tenang.

bajul-matiTravelers tentu penasaran kenapa pantai ini disebut dengan nama Pantai Bajul Mati. Jadi diawal penemuan pantai ini, sekitar tahun 1980-an, terdapat seekor buaya, atau yang dalam bahasa Jawa disebut dengan bajul, yang mati. Karenanya pantai ini disebut dengan Pantai Bajul Mati. Di pantai ini juga terdapat teluk yang indah yang menjadi daya tarik lainnya. Sejumlah batu karang berukuran besar hingga nampak seperti pulau kecil turut menghiasi pantai. Karena lokasinya yang berada di tengah-tengah laut sehingga pulau-pulau ini nampak menyembul dari dalam laut. Nama Bajul Mati pun juga berasal dari batu-batu karang ini yang pada malam hari nampak seperti buaya yang tersapu ombak.

bajulmatiBerjarak 300 meter di sebelah timur pantai terdapat goa yang oleh mayarakat sekitar disebut dengan Goa Wil. Lokasinya di bawah bukit karang dengan ladang pohon kelapa dan ketela pohon milik warga di sekitarnya. Dilihat dari bentuk lubangnya yang menjorok cukup dalam, goa ini terbentuk dari batu karang yang terkena abrasi pantai. Dengan semua pesona dan keunikan yang dimiliki pantai ini, membuat kunjungan ke Pantai Bajul Mati sayang untuk dilewatkan. Pemandangannya menjadi obyek menarik untuk kamera anda, terutama para pecinta landscape fotografi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.