Sejuta Pesona Kawah Ijen

Kawah-IjenKawasan Banyuwangi semakin terkenal dengan pariwisatanya. Bahkan kunjungan wisata ke daerah ini juga semakin meningkat setiap tahunnya. Dan salah satu tempat wisata yang cukup diminati wisatawan adalah kawasan Kawah Ijen. Kawah Ijen berada di puncak Gunung Ijen dan merupakan kawasan danau kawah terbesar di dunia, dengan luas mencapai 5.466 hektar dan mampu memproduksi 36 juta meter³ belerang dan hidrogen klorida. Meski daerah ini merupakan kawasan dengan tingkat keasaman paling tinggi di dunia, dengan derajat keasaman mencapai 0º yang mampu melarutkan tubuh manusia, tak mengurangi niat orang-orang untuk berkunjung ke Kawah Ijen. Bukan hanya para penambang belerang yang bertaruh nyawa untuk mengais rezeki di sana, namun banyak juga wisatawan dan para petualang yang ingin melihat keindahan Kawah Ijen.

Kawah ijenKawasan Kawah Ijen termasuk dalam wilayah Cagar Alam Taman  Wisata Ijen yang berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, tepatnya di Kecamatan Licin dan Kecamatan Klobang. Kawah Ijen berada di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut dengan ukuran kaldera 20 km. Kawah Ijen berada di kedalaman 300 m di bawah kaldera. Ukuran Kawah Ijen sendiri sekitar 960 m X 600 m dengan kedalaman mencapai 200 m. Suhu udara di sekitar Kawah Ijen cukup dingin, antara 10º C hingga 2º C dan memberikan sensasi tersendiri. Dengan suhu udara yang dimiliki tak heran jika kawasan Kawah Ijen kerap diselimuti kabut dan asap belerang yang semakin menambah daya tariknya.

Kawah-Ijen-Jawa-TimurWarna-warni Kawah Ijen juga nampak dari warna danau kawahnya yang berwarna hijau  kebiruan berpadu dengan pantulan cahaya keemasan matahari. Bebatuan di sekitar  dinding kawah nampak berwarna kekuning-kuningan karena kandungan belerang yang dimilikinya. Selain ditumbuhi sejumlah cemara gunung dan bunga edelwais, kawasan Kawah Ijen juga dihiasi dengan pohon manisrejo yang berdaun kemerahan yang menambah warna-warni Kawah Ijen. Ada pula fenomena alam yang cukup unik di sini yang sayang untuk dilewatkan, yakni adanya api biru atau Blue Fire. Kenampakan api di tengah tambang sulfur ini hanya bisa diamati kala malam dan dini hari.

aktivitas penambangDi kawasan Kawah Ijen anda juga bisa menyaksikan aktitas yang dilakukan para penambang belerang. Para penambang ini mengambil belerang dengan cara tradisional dan peralatan sederhana. Mereka menuju dasar kawah hanya dengan penutup hidung ala kadarnya untuk melindungi mereka dari asap sulfur yang tebal. Belerang mereka dapatkan dari sumber gas bersulfur yang mengalir melalui pipa dan keluar dengan bentuk lelehan berwarna merah. Setelah membeku, belerang ini akan berwarna kuning dan kemudian dipotong oleh para penambang untuk selanjutnya mereka angkut ke atas hanya dengan menggunakan alat pikul sederhana. Dengan membawa beban belerang seberat 80-100 kg mereka melalui jalan setapak yang ada di tebing kaldera yang curam dan menuruni gunung sejauh 3 km. Betul-betul pekerjaan yang berat dan berbahaya yang semakin menambah daya tarik Kawah Ijen dari sisi yang lain.

api-biru-Kawah-IjenUntuk menuju Kawah Ijen, dari Surabaya atau Denpasar anda bisa menuju Bondowoso dengan menggunakan kendaraan bermotor. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Licin yang berjarak 15 km dari Bondowoso. Dari Licin selanjutnya anda perlu menempuh perjalanan sejauh 8 km menuju Sodong dan berakhir di Paltuding untuk melakukan registrasi pendakian. Berkunjung ke Kawah Ijen sebaiknya dilakukan pada musim kemarau atau pada bulan Juli-September. Karena di musim penghujan, jalur pendakian yang anda lalui sangat licin dan berbahaya. Untuk melihat si api biru maka anda harus melakukan pendakian di malam hari dan lakukan persiapan ekstra. Gunakan pakaian dan peralatan yang tidak hanya nyaman namun juga aman, seperti celana cargo dan sepatu gunung. Jangan lupa menggunakan jaket, penutup kepala, penutup telinga dan juga masker. Di sekitar kawasan Kawah Ijen, terdapat sejumlah penginapan yang dikelola Departemen Kehutanan ataupun milik PTP. Namun biar anda tidak banyak yang anda pikirkan, anda bisa menggunakan paket wisata ke Banyuwangi sehingga perjalan anda lebih mudah dan terorganisir.

Refrensi:

http://banyuwangiapik.blogspot.com/2013/08/menikmati-keindahan-kawah-ijen.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.