Segarnya Air Terjun Di Pantai Banyu Tibo

pantai banyu tiboAlam Jawa Timur memang unik dan menakjubkan, yang cukup menantang untuk dijelajahi. Kalau di Madura ada Pantai Toroan dengan air terjun yang langsung jatuh ke laut, kota Pacita juga punya loh. Kota ini tak hanya memiliki goa-goa yang menakjubkan namun juga dihiasi dengan pantai-pantai yang indah. Hal ini karena lokasi kota Pacitan yang berada di pesisir selatan pulau Jawa. Kalau ingin melihat fenomena yang sama dengan Pantai Toroan Madura, travelers bisa bertandang ke Pantai Banyu Tibo. Ada air terjun yang juga langsung menuju ke laut yang tak kalah indah dengan Pantai Toroan. Jadi buat travelers yang hendak berlibur ke Yogyakarta, gak ada salahnya buat singgah sebentar ke kota kelahiran mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini. Melihat secara langsung akan keindahan Pantai Banyu Tibo.

pantai banyu tibo1Secara administrasi, Pantai Banyu Tibo masuk dalam wilayag Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, atau berada di perbatasan antara kota Pacitan dan Wonogiri. Jika travelers sudah berkunjung ke Pantai Klayar, travelers hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 7 km lagi untuk sampai di Banyu Tibo. Nama Banyu Tibo berasal dari fenomena pantai ini dengan air terjunnya yang jatuh dan langsung mengarah ke laut. Nama pantainya diambail dari bahasa Jawa, yakni banyu yang berarti air dan tibo yang bermakna jatuh. Fenomena ini cukup unik karena air terjun dengan kondisi tawar langsung bercampur dengan air laut yang berasa asin. Lokasi air terjun ini pun tepat di bibir pantai. Air terjun yang ada di Pantai Banyu Tibo berasal dari mata air bawah tanah yang ada di Pegunungan Karst yang berada di sebelah utara dari pantai. Dari sumber mata air ini, airnya mengalir menuju ke sungai kecil yang pada akhirnya berujung di air terjun yang mengarah ke laut. Meski daerah Pacitan terkenal kering, namun sumber mata air ini tak pernah kering, walaupun di musim kemarau. Jadi air terjun di bibir Pantai Banyu Tibo senantiasa mengalirkan air ke pantai. Pantai Banyu Tibo berada di sebuah teluk kecil dengan dihiasi sejumlah batu karang berukuran besar dan bentuknya yang unik seperti ukiran-ukiran kayu.

sumber mata air banyu tiboKeindahan lain dari Pantai Banyu Tibo terletak pada pasir pantainya yang berwarna putih bersih dan lembut. Pasir putih ini berpadu dengan keindahn air lautnya yang berwarna biru jernih dan menggoda siapa saja untuk bermain-main di sana. Namun travelers perlu berhati-hati kala bermain di sana, karena sebagaimana pantai yang berbatasan dengan laut selatan memiliki arus ombak yang besar. Bermain air cukup di bibir pantai saja dan tidak terlalu ke tengah agar tidak terseret ombak. Travelers juga perlu berhati-hati kala melintas di pantai denagn tebing-tebing yang mengelilingi. Namun tebing-tebing dan batu karang ini juga bisa menjadi lokasi yang pas untuk menikmati keindahan pantai secara keseluruhan dengan duduk di atasnya. Puas bermain-main di pantai, travelers bisa membasuh diri di air terjun yang ada di bibir pantai.

pantai-banyu-tibo5Ada banyak rute yang bisa travelers pilih untuk bisa tiba di Pantai Banyu Tibo. Karena lokasinya yang berada tak jauh dari Pantai Klayar, travelers bisa menggunakan rute yang sama dengan yang menuju ke sana. Misalnya untuk travelers yang dari Yogyakarta atau Solo bisa mengarahkan kendaraan menuju Pasar Punung dan berlanjut ke Goa Gong. Dari Goa Gong dilanjutkan hingga menuju Desa Kalak dan menempuh perjalan sejaih 16 km untuk sampai ke Pantai Klayar. Kemudian dilanjutkan dengan menuju ke arah Pantai Ngampu dan Pantai Buyutan hingga tiba di Desa Widoro. Untuk bisa menikmati keindahan pantai, travelers tidak perlu membayar biaya retribusi apa pun. Namun travelers perlu membawa bekal sendiri karena tidak ada penjual makanan maupun minuman di sekitar pantai. Meski demikian pantai ini tetap menarik untuk dikunjungi di akhir pekan bersama rekan maupun keluarga.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.