Pulau Merah Banyuwangi, Saingan Pantai Kuta

pulau-merah-banyuwangiPengen menghabiskan akhir pekan dengan surfing di pantai? Gak harus nyebrang ke Pulau Bali kali untuk merasakan sensasi itu. Pasalnya Banyuwangi juga memiliki pantai yang tak kalah indah dan tak kalah menantang ombaknya untuk di taklukan, yakni Pantai Pulau Merah. Pantai ini berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran dan berjarak sekitar 67 km dari pusat Kota Banyuwangi. Pantai Pulau Merah sekarang ini sudah terkenal dan banyak dikujungi wisatawan, termasuk mancanegara. Hal ini tak terlepas dari kerja keras pemerintah daerah Banyuwangi yang gemar mempromosikan wisata Banyuwangi melalui sejumlah event yang diadakan. Pantai Pulau Merah sendiri terpilih sebagai tempat penyelenggaraan kompetisi surfer tingkat internasional sejak tahun 2013.

sunset pantai pulau  merahPantai Pulau Merah sebenarnya bernama Pantai Ringin Pitu. Namun dengan keberadaan bukit kecil di tengah pantainya yang nampak seperti pulau dan berjarak 100 meter dari bibir pantai. Bukit setinggi 200 meter tersebut kabarnya memiliki tanah dan pasir berwarna merah yang akhirnya mengubah nama pantai ini menjadi Pantai Pulau Merah. Namun ada juga mengatakan bahwa asal mula nama Pantai Pulau Merah karena adanya cahaya merah yang terpancar dari pulau tersebut. Dengan keberadaan bukit kecil ini, menjadikan Pantai Pulau Merah mirip dengan salah satu pantai yang ada di Brazil. Vegetasi hijau nampak menutupi warna merah pada pulau ini dengan beberapa karang yang menghiasi bagian bawah bukit. Bukit ini juga menjadi lokasi yang pas untuk mendapatkan gambar matahari terbenam dengan sinar jingga kemerahan terpancar dari balik bukit. Tak jauh dari pantai, terdapat pura bernama Pura Tawang Alun dan dibangun pada tahun 1980. Pura ini kerap digunakan sebagai tempat upacara Mekiyis oleh masyarakat Hindu.

pura-segara-tawangalunDahulu akses jalan menuju Pantai Pulau Merah berupa jalan berbatu yang melewati perkebunan coklat dan karet milik PTPN XII. Bahkan pantai ini pernah diterjang tsunami di tahun 1990 yang menyebabkan kerusakan parah pada pantai. Namun Pemkab Banyuwangi berhasil memperbaikinya dan mulai memperkenalkan kawasan ini hingga ke kacah internasional untuk pertama kali melalui evenet balap sepeda bertajuk “Bayuwangi Tour de Ijen”. Sejak itu, kawasan Pantai Pulau Merah cukup terkenal, apalagi dengan ombaknya yang cukup memanjakan para surfer dan cocok bagi seluruh kalangan peselancar, baik amatir, pemula, ataupun profesional. Hal inilah yang menjadi keunggulan Pantai Pulau Merah dibandingkan dengan Pantai Plengkung atau yang lebih dikenal dengan kawasan G-Land.

berjemur di pulau merahKeunggulan lain yang dimiliki Pantai Pulau Merah dibandingkan dengan Pantai Plengkung adalah tidak adanya batu karang sebagaimana yang ada di Pantai Plengkung. Dengan kontur pantai yang dimiliki menjadikan Pantai Pulau Merah cukup aman bagi anda yang ingin belajar berselancar. Tipe ombak Pantai Pulau Merah juga hampir sama dengan Pantai Kuta Bali. Namun ombak Pantai Pulau Merah lebih bergulung dengan ketinggian hingga 2 meter dan panjang 300 meter yang membuat para peselancar lebih leluasa melakukan manuver ombal dengan teknik tubes. Bulan ini hingga bulan September mendatang merupakan waktu yang tepat untuk menjajal ombak Pantai Pulau Merah. Satu hal yang menjadi kekurangan Pantai Pulau Merah dengan tipe ombak yang dimiliki menjadikan pantai ini bukan pantai yang aman untuk anak-anak berenang. Tapi jika hanya sekedar bermain air, tentu masih bisa dilakukan di pantai ini.

petugas kebersihan pulau-merahJika anda tidak membawa peralatan surfing, Pantai Pulau Merah menyediakan beberapa penyedia jasa peminjaman peralatan surfing dengan harga sewa antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 untuk berselancar sepuasnya. Ada pula kusi malas untuk anda bermandikan cahaya matahari sembari menikmati keindahan pantai. Ada pula beberapa spot menyelam dan memancing yang bisa anda kunjungi di Pantai Pulau Merah. Pantai ini juga cukup bersih yang menjadikannya lebih unggul dari Pantai Kuta Bali karena adanya petugas rescue dan petugas kebersihan. Jadi tunggu apalagi. Segera taklukan ombak Pantai Pulau Merah untuk mengisi liburan akhir pekan anda.

Refrensi:

http://www.1001wisata.com/pulau-merah-banyuwangi-surga-para-surfer/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.