Pesona Wisata Pantai Bandealit

Jmeruember memiliki sejumlah pesona alam yang kini semakin dikembangkan untuk pariwisata. Sejumlah pantai di Jember kini semakin sering diserbu wisatawan karena keindahan alamnya. Salah satu pantai yang semakin ramai dikunjugi wisatawan adalah Pantai Bandealit yang berada di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Jember. Pantai Bandealit merupakan salah satu pantai yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri dan bersebelahan dengan Pantai Sukamade. Jika anda dari pusat kota Jember, pantai ini berjarak sekitar 35 km ke arah selatan dengan waktu perjalanan sekitar 1 jm 15 menit menggunakan kendaraan bermotor. Sementara jika dari Kecamatan Genteng Banyuwangi, Pantai Bandealit berjarak sekitar 96,9 km atau sekitar 2,5 jam waktu perjalanan. Untuk rutenya sendiri jika anda dari Surabaya tinggal mengarahkan kendaraan menuju kota Jember untuk selanjutnya mengarah ke Kecamatan Tempurejo dan berakhir di Desa Andongrejo. Tidak ada angkutan umum ke sini sehingga menggunakan kendaraan pribadi ataupun mobil sewaan adalah satu-satunya pilihan.

berkano-di-bandealitDaya tarik utama Pantai Bandealit adalah alamnya yang masih alami dengan udara yang masih segar. Apalagi dengan adanya kawasan hutan lindung yang semakkin menambah kesejukan di sekitar pantai. Kealamian Pantai Bandealit juga cukup terjaga yang dibuktikan dengan kebersihan dan kejernihan air lautnya. Bermain-main di Pantai Bandealit juga cukup menyenangkan dan aman karena ombaknya yang tenang dan teratur meski pantai ini bagian dari gugusan pantai selatan. Selain bermain air, pengunjung juga bisa melakukan sejumlah oleharaga air mulai dari berenang, body board, jet ski, hingga berselancar angin. Kenyaman pengunjung dalam bermain di pantai ini juga didukung dengan kontur pantai yang landai. Suasana Pantai Bandealit yang masih sepi dan tenang, sangat pas untuk pengunjung yang ingin menenangkan diri sambil menikmati keindahan pantai.

teluk bandealitDengan semua keindahan yang ditawarkan Pantai Bandealit, bisa menjadi obyek gambar yang menarik untuk pengunjung yang mencintai landscape fotografi. Apalagi dengan adanya jajaran perahu nelayan yang semakin menambah pemandangan Pantai Bandealit. Jika anda ingin menikmati sajian ikan segar bakar, anda bisa membeli langsung dari para nelayan yang baru pulang melaut untuk kemudian dibakar di tepi pantai. Tak jauh dari lokasi pantai, tepatnya di sisi timur, terdapat teluk dan muara sungai yang luas dengan perairan payau. Karena luasnya, muara sungai ini nampak menyerupai danau. Pengunjung yang menyukai aktivitas memancing bisa melakukannya di sini dan menangkap ikan-ikan segar berukuran besar. Muara sungai ini juga cukup unik karena di musim kemarau ia memiliki volume air yang berlimpah dan terjadi hal yang sebaliknya di musim penghujan. Karenanya di musim kemarau banyak pengunjung yang melakukan speedboat ataupun berkano di sana.

pantai bandealitTak jauh dari muara sungai terdapat hutan mangrove yang menjaga pantai dari abrasi. Hutan mangrove seluas 8 hektar ini memiliki mangrova jenis pedada. Selain melindungi pantai, hutan mangrove tersebut juga menjadi tempat tinggal sejumlah burung. Pengunjung bisa melakukan pengamatan mengenai jenis dan aktivitas dari burung-burung tersebut. Selain hutan mangrove, Pantai Bandealit juga menawarkan kawasan agrowisata berupa perkebunan yang dikelola oleh PT Bandealit. Perkebunan ini pun masih dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri dengan sejumlah koleksi tanaman hortikultura seperti jeruk, rambutan, sirsak, dan tak ketinggalan si raja buah, durian.

Pantai-BandealitPengunjung yang suka melakukan trekking bisa menuruni tebing Gunung Sodung. Salah satu tebing yang ada di gunung ini memiliki ketinggian 100 meter dari permukaan laut. Dengan ketinggian yang dimilikinya, puncak tebing ini menawarkan keindahan alam Pantai Bandealit dan beragam aktiviatas yang ada di sana. Naik 100 meter lagi lebih tinggi, pengunjung akan mendapati goa jepang lengka dengan benteng pertahanannya. Goa yang terbuat dari batu ini menjadi tempat para tentara Jepang mengintai kedatangan musuh. Puas mengelilingi keseluhan wisata di Pantai Bandealit, kini waktunya pengunjung untuk bersantai sambil menikmati keindahan matahari sore yang secara perlahan menutup diri ke ufuk barat. Ada banyak hal yang bisa pengunjung temukan di destinasi wisata yang satu ini sehingga sayang jika dilewatkan begitu saja.

Refrensi:

http://www.1001wisata.com/beragam-wisata-di-pantai-bandealit/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.