Pesona Bukit Jaddih yang Lagi Booming

bukitjaddihPulau Madura tak henti-hentinya menawarkan sejumlah surga yang mampu membuat siapa saja terkagum dan tertegun. Ada banyak pesona alam, yang tentunya masih begitu alami, yang ditawarkan Pulau Madura.

Hal ini tak terlepas dari “keacuhan” banyak pihak yang kurang mengelola pesona Pulau Madura. Namun seiring dengan dibukanya Jembatan Suramadu sebagai akses penghubung antara Pulau Madura dan Surabaya.

Perjalanan ke Pulau Madura pun menjadi lebih mudah sehingga semakin banyak orang yang bertandang ke Madura. Dan dari sanalah, para wisatawan dibuat terkagum dengan indahnya alam Madura.

Setelah sebelumnya terpesona dengan kealamian Gili Labak dan daerah dengan oksigen tertinggi di dunia, Gili Iyang, kini publik dibuat kagum dengan kehadiran Bukit Jaddih yang konon kabarnya memililiki kemiripan dengan salah satu destinasi di dunia, Cappadocia yang berada di negara Turki.

Kehadiran media sosial semakin membuat keberadaan tempat ini kian tersebar dan menjadi perbincarangan hangat dikalangan netizen.

Bukit_JaddihBukit Jaddih aslinya adalah bukit kapur dan menjadi lokasi penambangan kapur di sana. Setiap harinya ada banyak truk-truk dan sejumlah alat berat yang melintas dan mengangkut kapur-kapur tersebut.

Awalnya tentu saja tak banyak orang yang tertarik untuk ke sini. Apalagi area pertambangan yang berdebu tersebut juga tidak dibuka untuk umum. Namun dengan pemandangan yang ditawarkan ternyata membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke pertambangan ini.

Aktivitas yang dilakukan para penambang di sini membuat penampakan bukit kapur tersebut menjadi pola-pola tertentu yang begitu indah. Dan jadilah tempat ini pun dibuka sebagai lokasi wisata, namun tetap dengan area pertambangan yang masih berlangsung hingga saat ini.

kolam bukit jaddihBukit Jaddih secara administrasi berada di Desa Jaddih yang termasuk dalam wilayah Bangkalan. Dari pusat kota Surabaya, travelers cukup menempuh jarak sejauh 27 km atau sekitar 1-1,5 jam perjalaan melalui Jembatan Suramadu. Sayangnya akses menuju Bukit Kapur Jadddih ini cukup sulit dan terjal.

Namun untuk mengatasinya, travelers yang menggunakan kendaraan roda dua bisa mengambil jalur alternatif melalui Jalan Raya Labang sehingga tidak perlu memutari kota Bangakalan. Sebaliknya yang menggunakan mobil mau tidak mau harus melalui kota Bangkalan terlebih dahulu.

Namun tidak perlu khawatir karena ada sejumlah papan penunjuk arah yang dipasang warga untuk sampai ke Desa Jaddih.

Travelers juga bisa bertanya kepada penduduk sekitar mengenai keberadaan bukit ini. Atau kalau gak mau pusing mikir transportasi dan segala hal mengenai liburan yang lainnya, travelers bisa ikutan dengan Paket Tour Madura.

bukit jaddihPemandangan yang ditawarkan Bukit Jaddih memang menjadi obyek yang menarik untuk lensa kamera anda. Sisa-sisa penambangan batu kapur membentuk pemandangan yang begitu menakjubkan dan mirip dengan Cappadocia di Turki.

Bukit-bukit sisa penambangan tidak hanya menampilkan pahatan dan ukiran, namun juga membentuk sejumlah gua-gua kecil yang begitu menarik. Bahkan ada juga yang telah menjadi danau dengan airnya yang berwarna hijau dan dimanfaatkan sebagai kolam renang untuk menambah atraksi dari Bukit Jaddih.

Dengan semakin seringnya aktivitas penambangan yang ada di Bukit Jaddih bukan tidak mungkin jika lama-kelamaan tempat tersebut akan menjadi kawah.

Namun tidak semua bagian di bukit tersebut kering kerontang, karena ada juga beberapa bagina bukit yang dipenuhi dengan tetumbuhan hijau yang cukup menyejukkan. Jadi setelah berpanas-panasan bisa juga untuk menikmati sejuknya hembusan angin di bagian yang memiliki pepohonan lebat ini.

Bukit Jaddih juga menawarkan wisata sejarah dimana terdapat bunker bekas peninggalan Belanda yang berada tak jauh dari lokasi Bukit Jaddih. Bunker ini berisi beberapa ruang dan dahulunya menjadi tempat penyimpanan senjata.

Jika lapar, travelers tak perlu khawatir karena di sekitar Bukit Jaddih terdapat penjual makanan yang bisa travelers singgahi. Jadi buat travelers yang gak pengen ketinggalan dan zaman dan ikutan nge-hits, maka kamu wajib buat berkunjung ke Bukit Jaddih. Siapa tahu media sosial kamu jadi ikutan booming pasca berkunjung ke sini. Jadi jangan lupa buat banyak-banyak foto di sini ya 😉

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.