Pantai Pancur, Keindahan Tersembunyi Di Alas Purwo

pantai pancurTaman Nasional Alas Purwo memang menyimpan banyak hal yang menakjubkan. Meski lokasinya cukup terpencil, namun cukup mengundang penasaran banyak orang. Hingga  banyak wisatawan yang rela menempuh jarak yang cukup jauh demi memnuhi rasa penasaran akan hal-hal menakjubkan dan indah yang bisa disaksiksan di Taman Nasional Alas Purwo. Di sekitar hutan ini, ada beberapa pantai  yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain Pantai Plengkung dengan ombaknya yang mendunia, ada pula Pantai Pancur dengan keunikan sungainya. Pantai Pancur berada tak jauh dari Resort Pancur yang merupakan bangunan resort dan pos penjagaan. Anda bisa menginap di sini kala bertandang ke Pantai Pancur. Jarak pantai dari pos Rowobendo atau pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo sekitar 5 meter. Sementara jika dari Trianggulasi sekitar 3 km.
pancuran di pantai pancurNama Pantai Pancur berasal dari adalnya aliran sungai kecil berair tawar yang langsung bertemu dengan air laut. Aliran sungai ini cukup unik karena menyerupai air terjun kecil sehingga disebut pancur yang jika diartikan berarti air mancur atau pancuran. Aliran sungai ini pun mengalir sepanjang waktu sehingga nampak seperti air terjun sungguhan. Lokasi aliran sungai mirip airr terjun ini berada di samping tangga yang menuju pantai. Pemandangan alam yang ditawarkan Pantai Pancur tak kalah dengan Pantai Plengkung. Hamparan pasir putihnya yang panjang dihiasi dengan bebatuan berbagai ukuran di beberapa sisinya. Selain itu lumut-lumut hijau yang berada di bebatuan semakin menambah warna di Pantai Pancur. Anda bisa berjalan-jalan di bibir pantai menikmati debur ombak menjilat kaki anda dan menikmati lembut pasirnya.

pantai-pancur-banyuwangi-2Air lautnya yang jernih  berwarna biru yang menenangkan. Dengan kontur pantai yang landai, membuat pantai ini cukup aman dikunjungi anak-anak. Mereka bisa bermain dengan bebas di bibir pantai. Pantai Pancur juga lokasi yang tepat untuk anda yang suka berkemah. Apalagi dengan adanya aliran sungai air tawar yang bisa digunakan untuk berbilas usai bermain di pantai. Di sekitar pantai juga banyak pepohonan yang bisa digunakan untuk berteduh dan memberikan warna hijau yang menyejukkan. Warna-warni yang ditawarkan Pantai Pancur menjadi pemandangan yang bagus untuk kamera anda. Di sekitar pantai juga banyak kera yang melintas. Jika anda tidak ingin bekal makanan anda diambil mereka, maka sebaiknya persiapkan kacang untuk mereka. Mereka sebenarnya cukub baik dan sangat lucu.

ikan bluntakAnda yang suka memancing bisa menangkap lobster atau udang di sini. Ada pula kerang yang bisa anda tangkap. Jika anda beruntung anda bisa mendapatkan ikan beluntak yang mirip landak karena memiliki bulu berduri di sepanjang tubuhnya. Atau jika anda tidak ingin lelah menangkap sendiri, anda bisa membeli di nelayan setempat, selepas mereka selesai melaut. Biasanya mereka tiba pada pagi hari. Cocok bagi anda yang berkemah dan ingin menikmati olahan ikan bakar segar. Ada pula warung yang bisa anda gunakan untuk bersantap siang sambil menikmati keindahan pantai. Selain warung, ada pula musholla dan area parkir. Tiket masuk ke pantai ini juga cukup murah hanya Rp 2.500 per orang. Untuk harga tiker parkir motor hanya Rp 3.000 dan mobil Rp 6.000. Tak jauh dari lokasi Pantai Pancur terdapat gua Istana dan Sendang Srengenge yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitar. Cukup menakjubkan bukan kawasan Taman Nasional Alas Purwo, terpencil namun menyimpan sejumlah tempat menarik. Jadi silahkan berkunjung ke Sunrise of Java 🙂

Refrensi:

  • http://www.eastjava.com/tourism/banyuwangi/ina/pancur_beach.html
  • http://travel.detik.com/read/2013/11/06/095019/2404520/1519/pancur-satu-lagi-pantai-cantik-di-banyuwangi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.