Pantai Balekambang, Tanah Lot Ala Malang

balekambangSiapa yang tak mengenal Pantai Balekambang? Seperti Selecta, pantai yang satu ini juga termasuk salah satu wisata yang cukup populer di Malang. Bahkan kepopuleran Pantai Balekambang dikalangan wisatawan telah dikenal sejak tahun 1978. Pantai yang berada Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi kala melakukan tour ke Malang. Perkembangan Pantai Balekambang menjadi destinasi wisata diawali kala pembukaan akses jalan oleh Kades Srigonco, Tukiran. Sejak diresmikan di tahun 1983 oleh Bupati Malang, Eddy Slamet, akses menuju Pantai Balekambang pun semakin nyaman dan aman bagi wisatawan dengan diaspal mulus. Bahkan dari pusat Kecamatan Bantur, pantai ini dapat ditempuh dalam 30 menit. Sementara dari Kota Malang, pantai ini berjarak 65 km ke arah selatan.

beach-bale-kambang-2Pantai Balekambang memang memiliki sejumlah pesona yang membuatnya mampu membius wisatawan untuk menandatanginya. Pantai dengan garis pantai memanjang hingga 2 km ini cukup landai. Tak banyak karang di pantai ini sehingga ombak pantai yang datang bisa langsung menuju pantai. Batu karangnya sendiri berada di 200 meter ke arah laut. Kala air laut surut, anda bisa menyaksikan ikan-ikan kecil warna-warni yang berada di sela-sela karang. Selain batu karang, Pantai Balekambang juga memiliki tiga pulau kecil yang bernama Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Ismoyo. Di Pulau Ismoyo inilah berdiri sebuah pura bernama Pura Luhur Amertha Jati yang menjadi tempat ibadah umat Hindu dan menjadi lokasi perayaan Nyepi. Keberadaan pura di atas pulau karang ini nampak membuat Pantai Balekambang seperti Pantai Tanah Lot, Bali, karena lokasinya yang berada di lepas pantai.

pura luhur amerta-balekambangPura Luhur Amertha Jati termasuk pura yang megah. Sebuah jembatan penghubung pantai dengan pura dibangun diatas pantai untuk membantu pengunjung menuju pura. Dari atas jembatan ini anda bisa merasakan desir angin pantai yang juga menggoyang jembatan yang dulunya terbuat dari tali dan kayu. Namun kini jembatan tersebut telah diperbaiki sehingga lebih kokoh dan tentunya lebih aman bagi pengunjung. Karena keberadaan Pura Luhur Amertha Jati ini pula menjadikan Pulau Ismoyo termasuk kawasan suci dimana terdapat sejumlah aturan untuk memasukinya, sebagaimana layaknya pura yang ada di Bali. Salah satunya adalah larangan bagi wanita yang datang bulan untuk bertandang. Jika larangan ini dilanggar, kabarnya si wanita akan dimasuki penunggu pura.

Upacara-Adat-di-Pantai-BalekambangSelain sebagai tempat ibadah umat Hindu, Pantai Balekambang juga menjadi tempat yang penting bagi umat Islam. Di setiap bulan Suro kalender Jawa, Pantai Balekambang menjadi lokasi upacara adat pacara Suroan dan upacara Jalanidhi Puja. Pantai ini juga menjaidi tempat wisata religi dimana tedapat makam Syaikh Abdul Jalil. Beliau adalah orang yang pertama kali membuka lahan atau dalam bahasa jawa disebut dengan babat alas Pantai Balekambang. Syaikh Abdul Jalil merupakan asli Yogyakarta dan dimakamkan di Balekambang yang makamnya berjarak 1 km sebelum masuk Pantai Balekambang dari arah Bantur. Pada tanggal 1 Sya’ban, makam Syaikh Abdul Jalil semakin ramai dikunjungi peziarah.

sunset pantai balekambangPuas menikmati wisata religi, anda bisa menikmati wisata alam Pantai Balekambang. Anda bisa duduk di bawah pohon rindang atau bermain di pasirnya yang lembut. Anda bisa membangun istana pasir atau memendamkan diri di dalam pasirnya. Pantai Balekambang juga menjadi lokasi yang pas bagi anda yang pecinta berkemah ataupun melakukan pikinik keluarga. Ada pula bungalow sederhana yang tersebar di sekitar pantai yang bisa anda gunakan untuk beristirahat. Bahkan di akhir pekan anda bisa merasakan permainan flying fox dan motor ATV. Fasilitas lain yang disediakan di Pantai Balekambang ayunan, kolam renang, mushola, rumah makan, kios cinderamata dan tempat parkir yang luas.

penunjuk ke pantai balekambangUntuk menuju Pantai Balekambang, ada dua rute yang bisa anda gunakan. Rute yang pertama melalui Kecamatan Gondanglegi menuju Kecamatan Bantur dan berakhir di Desa Srigonco. Sedangkan rute yang kedua melewati Kecamatan Kepanjen menuju ke arah Pagak yang akhirnya menuju Kecamatan Bantur dan berakhir di Desa Srigonco. Untuk tiket masuk ke Pantai Balekambang hanya Rp. 5.200 per orang. Cukup murah bukan 😉 Jadi jangan lewatkan berkunjung ke Pantai Balekambang kala anda mengunjungi Malang. Apalagi pemandangan sunsetnya cukup menakjubkan loh.

Refrensi:

  • http://halomalang.com/peta-malang/detail/pantai-balekambang
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Balekambang

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.