Paket Tour Bali yang Hemat berangkat dari Jatim

Bali merupakan pulau yang menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara. Hal itu dikarenakan banyaknya objek wisata di pulau yang ada di sebelah timur dari Pulau Jawa ini.

Secara geografis, lokasi Jawa Timur bersebelahan lansung dengan provinsi Bali, sehingga secara biaya perjalanan darat/laut pun menjadi lebih murah dibandingkan dengan wisatawan dari daerah lain, karena itu kita akan membahasnya kali ini.

Jika wisatawan ingin berkunjung ke pulau ini, wisatawan bisa mengambil paket tour Bali. Dengan mengambil paket tour, wisatawan akan diberi sejumlah pelayanan dengan harga terjangkau serta dapat berkunjung ke berbagai tempat wisata terbaik di pulau Bali.

Adapun tempat-tempat wisata tersebut diantaranya adalah Pantai Kuta, Tanah Lot, Ubud, dan Danau Batur Kintamani.

Pantai Kuta merupakan sebuah pantai yang terletak di selatan Kota Denpasar, tepatnya di Kecamatan Kuta, Bali. Pantai ini telah menjadi tempat wisata andalan di Bali sejak 1970-an dan menjadi tempat favorit wisatawan untuk melihat pemandangan matahari terbenam.

Akses menuju pantai ini pun cukup mudah karena hanya memakan waktu sekitar 10-15 menit dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Sebelum menjadi tempat wisata, Pantai Kuta terlebih dulu dikenal dan dipakai sebagai sebuah pelabuhan dagang yang dipakai untuk memperdagangkan produk lokal karya masyarakat sekitar kepada pembeli dari luar Bali.

Pada suatu waktu, seorang yang bernama Hugh Manhbett menulis buku yang berjudul Prais to Kuta yang mana buku itu berisi ajakan kepada masyarakat Kuta agar Pantai Kuta dijadikan tempat wisata, serta di dalamnya dibangun beberapa fasilitas bagi para wisatawan. Sejak saat itulah, Pantai Kuta pun menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Pulau Bali.

bali-adventure-rafting-05Kelebihan utama dari Pantai Kuta ini adalah pemandangan alamnya yang indah, terutama saat matahari akan tenggelam. Maka tak heran, jika pantai ini juga disebut sebagai pantai matahari terbenam atau sunset beach. Selain itu, pasirnya yang putih, serta gulungan ombaknya yang indah dan tidak terlalu tinggi menjadi kelebihan lain dari Pantai Kuta.

Fasilitas-fasilitas yang ada di pantai ini juga lengkap, di mana fasilitas-fasilitas tersebut antara lain bar, restoran, hotel, dan juga toko kelontong. Layanan penyewaan papan seluncur pun juga tersedia di Pantai Kuta, terutama untuk mereka yang hendak belajar atau melakukan olahraga selancar.

Tempat wisata andalan Bali selanjutnya adalah Tanah Lot, di mana selalu menjadi destinasi terfavorit paket Wisata Bali. Tanah Lot sendiri merupakan sebuah area yang diperuntukkan sebagai tempat ibadah umat Hindu di Bali. Meski diperuntukkan sebagai tempat ibadah, namuun Tanah Lot juga diperuntukkan sebagai area wisata di pulau Bali.

Area ini menyerupai sebuah pualu karang yang di atasnya mempunyai dua buah pura. Pura yang pertama terletak di atas bongkahan batu, sedangkan pura lainnya berada di atas tebing Tanah Lot.

Dikarenakan area Tanah Lot merupakan area untuk ibadah umat Hindu, maka para pengunjung yang beragama non-Hindu tidak bisa memasuki dua pura tersebut. Sebagai gantinya, pengunjung bisa berkeliling di sekitar pura dan mengunjungi beberapa gua di sana. Adapun gua-gua yang ada di sekitar Tanah Lot antara lain Gua Ular Suci dan Gua Air Suci.

Tanah Lot

Selain mengunjungi dua gua tersebut, wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa pura lain di Tanah Lot, serta melakukan kegiatan wisata lain seperti bermain air laut di sekitar Tanah Lot, berfoto ria, menyaksikan kegiatan ibadah umat Hindu, dan menyaksikan pemandangan matahari tenggelam.

Selain Tanah Lot, ada satu are lain yang akan dikunjungi wisatawan saat mengambil paket tour Bali. Area tersebut tidak lain adalah Ubud, dimana Ubud merupakan sebuah area peristirahatan yang ada di Kabupaten Gianyar, Bali.

Area ini begitu disukai wisatawan karena letaknya yang berdekatan dengan sawah dan hutan yang ada di antara jurang-jurang gunung di sekitar Ubud. Galeri-galeri seni dan arena pertunjukan seni yang ada di Ubud menjadi nilai tambah sendiri yang membuat tempat ini begitu disukai wisatawan atau pengunjung.

Di area Ubud, wisatawan bisa mengunjungi beberapa macam tempat wisata, seperti Museum Rudana, Museum Puri Lukisan, Puri Agung Ubud, dan Wanara Wana atau Hutan Kera.

Museum Rudana dan Museum Puri Lukisan merupakan dua museum di Ubud yang menyediakan berbagai macam karya seni lukis dan seni pahat di dalamnya. Museum Rudana didirikan oleh Nyoman Rudana yang diresmikan pada tanggal 26 Desember 1995. Sementara itu, Museum Puri Lukisan didirikan dan diresmikan pada 31 Januari 1956.

Seperti daerah di Bali pada umumnya, Ubud pun mempunyai sebuah puri. Puri tersebut bernama Puri Agung Ubud yang merupakan puri peninggalan Kerajaan Ubud di masa lalu. Arsitektur puri itu masih seperti arsitektur aslinya. Di puri ini, wisatawan bisa melihat kegiatan lathian gamelan di setiap harinya, serta pertunjukan seni tari di tiap minggunya.

Tempat wisata lain yang akan dikunjungi wisatawan selama di Ubud adalah Wanara Wana. Tempat tersebut adalah sebuah hutan sakral yang berisi sekawanan kera yang jumlahnya ratusan.

Selain itu, di Wanara Wana juga terdapat sebuah pura bernama Pura Dalem Padangtegal dan sebuah Patung Komodo yang tersembunyi di balik wilayah Wanara Wana. Jika wisatawan menyambangi Patung Komodo tersebut, maka wisatawan akan menemukan sebuah air mata suci yang dipercaya dapat menyembuhkan segala jenis penyakit saat airnya diminum.

Tempat wisata andalan Bali terakhir yang akan dikunjungi wisata dalam paket tour Bali adalah Danau Batur Kintamani. Danau ini terletak di daerah Kintamani dan berada di dekat Gunung Batur. Danau ini mempunyai kedalaman 50,8 km dan mempunyai luas 16 km persegi.

kintamani

Tidak seperti danau umumnya yang dipakai sebagai saluran irigasi, Danau Batur Kintamani justru diperuntukkan untuk tempat wisata saja.  Suasana danau ini begitu dingin karena danau ini berada di ketinggian dan dikelilingi oleh pepohnan.

Air danaunya pun cukup tentang dan berwarna biru kehijauan. Hal tersebut akan membuat wisatawan merasa nyaman saat mengunjungi danau ini. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari area Kuta yang memiliki banyak hotel di Bali.

Selain menikmati suasana danau dan memandang indahnya danau, wisatawan juga bisa berlayar di tengah dana dengan menggunakan perahu sewa yang tersedia. Selain itu, wisatawan juga dan memancing di Danau Batur Kintamani dengan menggunakan alat pancing sewa yang telah tersedia. Untuk soal harga sewa, wisatawan tidak perlu khawatir karena harga sewa alat pancing di Danau Batur terbilang murah.

Jika wisatawan ingin bersantai dan melihat pemandangan Danau Batur di kejauhan, wisatawan bisa mengunjungi desa Penelokan yang letaknya berada di atas Danau Batur. Di desa tersebut, wisatawan isa beristirahat di hotel atau restoran sembari melihat keindahan Gunung Batur dan Danau Batur Kintamani yang berbentuk seperti bulan sabit di kejauhan.

Selama menjalani tour Bali dan mengunjungi tempat-tempat tersebut, pastikan wisatawan membawa perlengkapan pribadi seprti obat-obatan, telepon selular, dan juga sejumlah uang. Selain itu, wisatawan juga mesti berpakaian rapi (terutama saat di Tanah Lot), dan tidak membuang sampah sembarangan saat melakukan tour wisata Bali.

 

Referensi

  1. https://www.1001malam.com/tour/bali-8
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Kuta
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Tanah_Lot
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Ubud

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.