Olahan Aneka Buah dari Kota Malang dan Batu

oleh-oleh khas batu malangBerwisata ke Kota Malang ataupun Kota Batu memang menyenangkan. Dengan lokasi kedunya yang berada di atas ketinggian 440 meter dari permukaan laut, tak heran jika keduanya menawarkan suasana sejuk pegunungan. Karena lokasinya ini pula kedua kawasan yang sempat tergabung dalam satu wilayah ini terkenal dengan beragam hasil perkebunannya. Dengan suhu udaranya yang dingin dan tekstur tanahnya yang subur, kedua kawasan ini menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan buah-buahan dan sayuran. Anda dengan mudah bisa menemukan perkebunan apel ataupun perkebunan kol. Nah, jika anda berkunjung ke dua tempat ini jangan lupa membawa buah tangan alias oleh-oleh khas dari keduanya, terutama kulinernya. Karena buah-buahan di sini tak hanya bisa anda bawa dalam bentuk utuh, namun juga diolah menjadi beragam kuliner lainnya yang tak kalah nikmat. Yuk intip beragam olan buah yang ditawarkan kota Batu dan Malang.

1. Keripik Buah

keripik buahKeripik merupakan makanan favorit banyak orang. Rasanya yang gurih dan renyah memberikan sensasi tersendiri. Dan di Kota Batu dan Malang ada banyak keripik yang ditawarkan, mulai dari keripik tempe, singkong, kentang, hingga aneka buah. Dengan berlimpahnya hasil perkebunan yang dihasilkan, terutama buah-buahan, hasil pertanian tersebut kerap terbuang. Agar tidak menjadi barang yang tidak berguna, hasil pertanian ini pun diolah kembali menjadi makanan yang memiliki nilai jual, yang salah satunya diolah menjadi keripik. Untuk keripik buahnya sendiri, selain apel yang merupakan makanan khas Batu ataupun Malang, masih ada lagi keripik buah yang lain. Ada keripik nangka, salak, dan nanas. Dengan diubah menjadi keripik, buah-buahan ini pun memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

2. Jenang atau Dodol Buah

jenang_apelSelain diolah menjadi keripik, buah-buahan dengan kondisi yang tidak layak jual juga diolah menjadi jenang dan dodol buah. Biasanya yang digunakan sebagai bahan adalah buah-buahan yang kurang masak dan tidak ada tanda-tanda busuk. Bahkan tidak hanya daging buahnya saja yang digunakan, namun juga kulit buahnya. Betul-betul bermanfaat secara keseluruhan ya. Buah-buahan yangbiasanya digunakan sebagai jenang ataupun dodol misalnya nanas, nangka, salak, strawberi, sirsak, dan tak ketinggalan buah apel. Selain jenang, buah-buahan ini juga diolah menjadi selai yang enak. Rasa jenang dan dodol ini semakin mantap karena mengandung bahan pengawet yang sedikit. Makanya jangan heran jika masa kadaluarsa panganan ini hanya tiga bulan.

3. Minuman Sari Apel dan Cuka Apel

Sari-ApelBuah apel tak hanya enak dimakan secara lansung, namun enak juga digunakan sebagai minuman. Bahkan kandungan gizinya pun sama. Di Batu dan Malang ada dua jenis apel yang diolah menjadi minuman segar rasa buah ini, yakni apel romebeauty dan manalagi yang memiliki kadar air yang sedikit. Asiknya, sari apel yang ada menggunakan pemanis alami dan apel asli sehingga cukup aman diminum sekeluarga. Meski demikian minuman ini bisa tahan hingga satu tahun loh. Selain diolah menjadi sari apel, apel-apel ini juga diolah menjadi cuka apel yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan namun juga kecantikan.

4. Pia Apel

bakpia-apelKota Malang terkenal dengan produksi pianya. Nah jika biasanya pia berisi kacang hijau, cokelat ataupun keju, di Malang ada pia yang berisi apel. Rasanya pun tak kalah enak. Pia-pia ini memiliki tekstur kulit yang lebih kering dan renyah. Sementara bagian dalamnya terasa lebihlembut.

Nah, cukup banyak bukan oleh-oleh kuliner yang bisa di bawa usai berkunjung ke Kota Malang dan Batu. Jadi jangan lewatkan berburu semuanya ya 😉

Refrensi:

  • http://jenangapel.com/04-aneka-produk/
  • http://www.bromomalang.com/2015/01/oleh-oleh-khas-wisata-kota-batu-malang.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.