Menikmati Kesejukan Air Terjun Kakek Bodo

air terjun kakek bodoWilayah Tretes memang cukup sejuk untuk dijadikan pelarian dari kota Surabaya yang panas. Lokasinya yang terlalu jauh, membuat tempat ini kerap dikunjungi warga Surabaya dan sekitarnya untuk sejenak melepas penat dengan menikmati keindahan dan kesejukan udara Tretes. Apalagi terdapat sejumlah hotel dan villa yang bisa disewa wisatawan untuk berlibur di Tretes. Salah satu lokasi wisata favorit wisatawan kala mengunjungi Tretes adalah wisata Air Terjun Kakek Bodo. Air terjun yang secara administratif masuk dalam Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan ini masih termasuk dalam kawasan hutan lindung yang dikelola oleh PH Prigen, BKPH Lawang Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan. Selain Air Terjun Kakek Bodo, masih ada tiga air terjun lainnya yang bisa dinikmati wisatawan dengan lokasi yang tak terlalu berjauhan, yakni Air Terjun Senguruh dengan ketinggian 30 meter, Air Terjun Alap-Alap dengan ketinggian 40 meter, dan juga Air Terjun Putuk Truno yang memiliki ketinggian 45 meter. Air Terjun Kakek Bodo sendiri memiliki ketinggian 40 meter. Kesemua air terjun tersebut berada di lereng Gunung Welirang di area pegunungan Prigen.

kakek bodoAir Terjun Kakek Bodo berlokasi tak terlalu jauh dari kota Surabaya, hanya berjarak sekitar 51 km. Sementara jika dari kota Malang, harus menempuh jarak sejauh 70 km. Untuk akses jalannya sudah cukup mudah dan beraspal mulus. Ada tiga pintu masuk yang bisa digunakan wisatawan untuk menuju Air Terjun Kakek Bodo, yakni melalui Candi Jawi ataupun Taman Safari II Prigen, Pasuruan untuk akses yang lebih dekat. Sementara jika ingin sedikit lebih masuk ke dalam, wisatawan bisa melewati jalan di belakang Hotel Surya. Namun jalan ini lebih banyak digunakan oleh mereka yang berkemah, baik di Gunung Welirang ataupun Gunung Arjuna, karena lokasinya yang berada tak jauh dari bumi perkemahan yang kerap digunakan untuk berbagai kegiatan outbond.

aliran air terjun kakek bodoJika menggunakan kendaraan kendaraan umum dari Surabaya bisa menggunakan bison atau Elf jurusan kota Malang untuk kemudian turun di Pandaan. Selanjutnya naik angkutan lagi jenis Izusu L300 menuju Tretes yang biasanya berhenti di pertigaan Pasar Buah Tretes ataupun di depan hotel Tanjung. Dari sini sejumlah penjaja villa ataupun penginapan murah biasanya mulai menawarkan kamar-kamar mereka. Biasanya dengan senang hati mereka langsung mengantarkan wisatawan ke penginapa-penginapan yang berada di bawah, tak jauh dari lokasi pintu masuk air terjun. Dari pertigaan, perjalanan dilanjutkan untuk menuju pintu masuk air terjun dengan kondisi jalan yang cukup menanjak. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung mengarahkan kendaraan anda menuju area parkir yang tak terlalu jauh lokasinya dari pintu masuk.

petunjuk ke air terjunDari area parkir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh 1 km untuk bisa sampai ke lokasi air terjun yang berada di ketinggian 850 m dpl. Suasana sejuk dan dipenuhi dengan pemandangan hijau menjadi daya tarik tempat ini untuk sejenak melepas penat dari segala rutinitas pekerjaan. Segarnya air terjun dan suara airnya yang bergemuruh seolah turut menghilangkan beban pikiran yang ada. Bebatuan dan akar pohon mengelilingi air terjun tersebut yang semakin melengkapi suasana semi hutan disekitar air terjun. Mengunjungi keindahan Air Terjun Kakek Bodo tak lengkap tanpa mengunjungi makam yang menjadi nama dari air terjun ini, yakni makam Kakek Bodo yang berada tak jauh dari air terjun. Hanya sekitar 100 meter di sebelah timur jalan setapak sebelum ke arah puncak air terjun.

makam kakek bodoDalam kisah masyarakat setempat, Kakek Bodo adalah seorang kakek yang pada awalnya adalah pembantu rumah tangga salah seorang keluarga Belanda. Ia terkenal sebagai seorang yang sholeh dan jujur. Karena kesholehannya, kakek ini pun memutuskan untuk bertapa dan berhenti bekerja serta meninggalkan segala hal yang berhubungan dengan dunia. Karena keputusannya tersebut majikannya pun menyebutnya dengan Kakek Bodo atau kakek yang bodoh. Namun berkat pertapaannya, kakek ini pun memiliki kesaktian yang ia gunakan untuk membantu masyarakat setempat. Karenanya begitu kakek ini meninggal, kuburannya dikeramatkan dan kerap dikunjungi para peziarah. Tak hanya makamnya, wisatawan juga bisa melihat tempat pertapaan sang kakek yang berada di bawah air terjun.

kolam kakek bodoLumayan bukan, sambil menikmati keindahan alam bisa juga berwisata sejarah. Selain itu anak-anak juga bisa mandi di kolam renang yang berada tak jauh dari air terjun. Puas menikmati kesegaran dan keindahan alam Air Terjun Kakek Bodo, jangan lewatkan untuk berbelanja buah-buahan di Pasar Buah Tretes. Anda juga bisa menikmati sedapnya sate kelinci yang cukup populer di sana. Selamat berlibur 🙂

Refrensi:

https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-timur/air-terjun-kakek-bodo—pasuruan

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.