Menikmati Kesejukan Air Terjun Coban Rondo

air-terjun-coban-rondoKawasan Malang memang terkenal dengan suasananya yang dingin, tak terkecuali dengan tempat wisatanya yang menawarkan kesejukan udaranya. Salah satunya adalah kawasan air terjun Coban Rondo yang berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang. Meski cukup terkenal di kalangan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, namun kealamian dan keasrian kawasan air terjun Coban Rondo tak berkurang. Anda yang telah penat dengan semua rutinitas anda, bisa mendinginkan diri dengan menikmati kesejukan dan kesegaran air terjun Coban Rondo. Air terjun yang berada di lereng Gunung Kawi ini masuk dalam pengelolaan Perum Perhutani Malang dan memiliki akses yang cukup mudah untuk dijangkau. Sebuah cerita rakyat nampak lekat dengan asal usul air terjun ini.

LegendaCobanRondoLegenda yang mengkisahkan asal mula air terjun Coban Rondo nampak terpajang dalam bingkai kaca yang lokasinya tak jauh dari air terjun. Dalam bahasa Jawa, coban bermakna air terjun sementara rondo berarti janda. Dikisahkan ada sepasang suami istri yang bernama Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmoro dan Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi. Kala pernikahan mereka masuk usia 36 hari, mereka berencana mengunjungi orang tua Raden Baron Kusuma di Gunung Anjasmoro. Hal ini dilarang kedua orang tua Dewi Anjarwati karena mereka masih dalam masa selapan. Namun mereka bersikeras untuk pergi yang pada akhirnya membawa mereka dalam bahaya. Dalam perjalanannya mereka diserang oleh Joko Lelono yang ingin merebut Dewi Anjarwati. Raden Baron Kusuma meminta kepada punokawan untuk menyembunyikan istrinya di air terjun. Dalam perkelahian tersebut, baik Raden Baron Kusuma maupun Joko Lelono sama-sama tewas yang membuat Dewi Anjarwati pada akhirnya menjadi janda. Karenanya, air terjun tempat Dewi Anjarwati menunggu suaminya diberi nama Coban Rondo yang berarti air terjun janda.

coban kembarAir terjun Coban Rondo berada di ketinggian 1.135 meter dari permukaan laut dan berasal dari Coban Dudo. Air terjun ini memiliki tinggi mencapai 84 m dengan debit air mencapai 150 liter/detik di musim penghujan dan 90 liter/detik di musim kemarau. Air terjun ini cukup ini karena di atasnya terdapat air terjun kembar yang disebut dengan Coban Manten yang mengalir dan menyatu menjadi Coban Dudo. Sumber ketiga air terjun tersebut berada di Kepundan yang berada di atas Coban Manten dimana tidak ada pepohonan sama sekali di atasnya. Jika anda ingin melihatnya, selain memerlukan tenaga ekstra, anda juga membutuhkan ektra hati-hati karena akses jalan sepanjang 3-4 km tersebut cukup licin.Coban-Rondo

coban rondoAir terjun ini berjarak sekitar 12 km dari Batu atau 24 km dari Malang. Akses jalannya menujua air terjun sudah diaspal dengan baik sehingga cukup memudahkan wisatawan yang hendak ke sana. Dari arah Batu anda tinggal mengarahkan kendaraan anda menuju Pujon dengan melalui tanjakan yang landai dan jalan yang berkelok cukup tajam. Sebuah papan nama besar bertuliskan Wanawisata Coban Rondo akan menjadi petunjuk begitu anda tiba di puncak dan belok kiri ke luar jalan raya. Dari patung sapi anda hanya perlu melanjutkan perjalanan sejauh 4 km untuk sampai ke kawasan air terjun. Suasana hutan yang sejuk akan segera menyapa anda begitu anda tiba di kawasan ini. Gubuk-gubuk pedagang nampak berjajar di kawasan yang landai. Dingin akan semakin terasa ketika anda telah tiba di kawasan air terjun. Anda bisa melepaskan penat anda dengan mandi di bawah guyuran air terjun ataupun berenang di kolam air terjun.

pedagang di coban rondoTiket masuk ke kawasan ini hanya sebesar Rp 3.000 dengan tiket parkir sebesar Rp 3.000 untuk roda empat dan Rp 1.000 untuk roda dua. Selain jajaran warung, di sekitar air terjun juga terdapat area camping, musholla, dan toilet. Untuk penginapan, terletak di daerah Songgoriti yang berajarak sekitar 5-8 km dari lokasi Air Terjun Coban Rondo. Agar tidak perlu pusing memikirkan akomodasi dan biaya lain-lain, anda bisa menggunakan tour ke Malang untuk perjalanan yang lebih aman dan nyaman.

Refrensi:

https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-timur/coban-rondo—pandansari—malang

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.