Melihat Pelangi Di Coban Pelangi

Coban Pelangi-5Puas jalan-jalan ke Kota Batu, yuk lanjut ke kota Malang. Kedua tempat yang memiliki temperatur yang sama ini menawarkan pemandangan alam yang menyejukkan mata. Bukan hanya keindahan wisata perkebunannya saja namun juga sejumlah wisata alam yang lain. Salah satunya adalah keindahan dan kesegaran dari wisata air terjun. Selain Coban Rondo, Malang juga memiliki air terjun lain yang tak kalah populer, yakni Coban Pelangi atau Air Terjun Pelangi. Nama pelangi berdasarkan dari keberadaan pelangi di air terjun yang terbentuk dari pembiasan cahaya matahari yang mengenai cipratan air terjun. Jadi di sini pengunjung tidak harus menunggu datangnya hujan untuk bisa melihat pelangi 😉 Namun tetap saja harus memperhatikan waktunya karena pelangi air terjun ini akan muncul tatkala suasana cerah dan tidak tertutup mendung.

jalan menuju coban pelangiAir Terjun Pelangi atau Coban Pelangi berada di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Dari pusat kota Malang, air terjun ini berjarak sekitar 32 km ke arah timur. Pengunjung hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju Tumpang hingga tiba di Desa Gubuk Klakah. Dari desa, pengunjung masih perlu menempuh jarak 2 km untuk menuju ke lokasi air terjun dengan kondisi jalan yang menanjak serta berkelok. Lokasi air terjun sebelum pertigaan Jemplang yang menuju ke Gunung Semeru ataupun Bromo. Di sebelah kanan jalan, pengunjung bisa melihat gapura bertuliskan Air Terjun Coban Pelangi. Selanjutnya pengunjung tinggal berjalan kaki melawati jalan setapak sejauh 1.5 km hingga tiba di lokasi air terjun.

coban-pelangi1Perum Perhutani KPH Malang merupakan pengelola dari wisata air terjun ini dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau yang juga disingkat dengan TN BTS. Coban Pelangi berada di atas tebing dengan ketinggian mencapai 1299,5 meter di kaki Gunung Semeru yang juga berdekatan dengan Desa Ngadas. Karenanya para pendaki Gunung Semeru ataupun Bromo akan melewati air terjun ini sebab mobil jeep yang menjadi transportasi satu-satunya di sana melintas di sini dari Pasar Tumpang menuju Gunung Bromo. Tinggi air terjun Coban Pelangi ini mencapai 110 meter dan tak heran jika mampu membiaskan cahaya matahari dengan percikan airnya. Suhu udaranya sendiri mencapai 19-23 derajat celcius sehingga sering memunculkan kabut. Karenanya pihak pengelola menyarankan untuk datang ke tempat ini di pagi hari. Sebab setelah lewat dari tengah hari biasanya kabut mulai muncul. Kunjungan ke sini pun dibatasi hanya sampai pukul 04.00 sore demi mengindari air bah yang sering kali datang dari bagian hulu pegunungan.

coban-pelangi1Daya tarik dari Coban Pelangi bukan hanya pada kemunculan pelanginya saja namun juga keadaan alamnya yang masih alami dengan suhu udara yang sejuk. Aliran sungai Amprong yang berasal dari Coban Pelangi juga sangat jernih. Kicau burung akan menemani perjalanan pengunjung sejak dari pintu masuk. Melihat semua keindahan yang ditawarkan Coban Pelangi menjadikan rasa lelah akibat perjalanan jauh sirna sudah. Apalagi kala menikmati kejernihan dan kesegaran aliran sungainya yang semakin menuntaskan segenap perasaan penat anda dan beban pikiran pengunjung. Sehingga sekembalinya dari wisata ke Coban Pelangi pengunjung akan merasa lebih fresh lagi.

kuda coban pelangiCoban Pelangi juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti musholla dan gazebo untuk beristirahat. Oh iya, Coban Pelangi juga memiliki penunggang kuda yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk naik kembali ke pintu masuk pada waktu pulang. Tempat ini juga cocok dijadikan area camping dengan disediakannya ground camping. Yuk ajak keluarga kembali ke alam dengan berwisata ke Coban Pelangi dan melihat pelangi meski sedang tidak turun hujan 😉

Refrensi:

  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-timur/coban-pelangi—gubuk-klakah-tumpang—malang
  • http://islamireligius.blogspot.com/2014/04/wisata-coban-pelangi-malang-jawa-timur.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.