Melihat Keindahan Matahari Terbit Di Gunung Bromo

GunungBromoKawasan Gunung Bromo tentu sudah tak asing lagi bagi para wisatawan, terutama mereka yang berjiwa petualang. Sebagimana gunung-gunung lain yang ada di Indonesia, Gunung Bromo juga menyimpan sejuta pesona yang menakjubkan.

Tempat ini bahkan seolah telah menjadi ikon pariwisatanya Jawa Timur. Karenanya bagi sejumlah wisatawan belum lengkap rasanya berkeliling Jawa Timur jika belum mengunjungi Gunung Bromo.

Meski termasuk gunug berapi yang masih aktif, nyatanya tak mengurangi minat wisatawan untuk bertandang. Keindahan alamnya yang luar biasa dan pemandangan yang ditawarkan cukup spektakuler mampu mengundang decak kagum siapa saja yang mendatanginya.

upacara kasadaNama Gunung Bromo berasal dari kata Brahma yang merupakan salah satu nama dewa bagi umat Hindu. Pemberian nama ini berkaitsn dengan kepercayaan umat Hindu yang menyebut Gunung Bromo sebagai salah satu gunung suci.

Karenanya gunung ini menjadi lokasi upacara Kosaido bagi  Suku Tengger yang beragama Hindu. Upacara ini berkaitan dengan legenda Gunung Bromo dimana Kusuma, anak bungsu dari penguasa Tengger, Rara Anteng dan Jaka Seger, dikorbankan ke Gunung Bromo.

Masyarakat Tengger melakukan upacara ini pada hari ke-14 bulan Kasada atau antara bulan September hingga November, dengan membawa hasil bumi, seperti udang, sayuran, dan uang yang kemudian dilemparkan ke kawah Gunung Bromo.

sunrise gunung bromoGunung Bromo sendiri masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan berada di ketinggian 2392 meter dari permukaan laut.

Tak heran jika cuaca di Bromo terbilang sangat dingin mencapai 3°-20° celcius. Bahkan di musim kemarau, suhu udara di Bromo bisa mencapai di bawah 0°C. Karenanya pakaian pelindung lengkap, seperti baju hangat, jaket, syal, penutup kepala, sarung tangan, celana panjang dan sepatu mutlak anda kenakan kala berkunjung ke Bromo.

Meski tak seluas gunung berapi lainnya, namun Gunung Bromo membentang diperbatasan 4 kabupaten di Jawa timur yakni Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, dan Malang. Bagian-bagian ini saling berkaitan, baik itu lembah, ngarai, dan kaldera. Gunung Bromo juga memiliki lautan pasir seluas 10 km2.

Selain itu, Gunung Bromo juga memiliki sebuah kawah dengan diameter sekitar 800 meter yang membentang dari utara ke selatan dan 600 meter dari barat ke timur. Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Gunung Bromo pernah meletus beberapa kali dengan letusan terdahsyat terjadi pada tahun 1974 dan letusan yang terakhir terjadi pada tahun 2011.

sunset-gunung-bromoYang menjadi moment kesukaan para pendaki ialah kala matahari terbit dari ufuk timur. Dengan mendaki hingga ke puncaknya yang berada d i ketinggia 2.770 meter, anda bisa menyaksikan cahaya matahari yang mengintip dari balik gunung dengan malu-malu. Suasana begitu tenang karena semua wisatawan terpesona akan keindahannya.

Hanya suara jepretan kamera dari wisatawan yang menangkap pemandangan alam tersebut sebagai kenang-kenangan yang tak terlupakan. Saat itu pula anda bisa menyaksikan siluet Gunung Semeru yang megah dan tinggi menjulang menggapai langit. Tampak asapnya yang mengepul dari kejauhan dengan sinar matahari yang secara perlahan semakin meninggi.

Tak heran jika Gunung Bromo memiliki julukan sebagai sunrise mountain. Selain pemandangan matahari terbit, pemandangan matahari terbenam juga tak kalah indahnya dengan temaram senja dari bukit Bromo.

berkuda di lautan pasir bromoSelain menikmati keindahan matahari terbit, pesona lain yang ditawarkan Gunung Bromo adalah berkuda di lautan pasirnya. Ada pula beberapa danau atau yang disebut dengan ranu di sekitar Gunung Bromo seperti Ranu Kumbolo, Rani Regulo dan Ranu Pani.

Sayangnya tak banyak kuliner yang bisa anda nikmati di sekitar gunung, kecuali anda mau pergi ke Desa Wonokitri dimana anda bisa menemukan sejumlah restoran dan rumah makan yang menawarkan beragam kuliner, terutama kuliner khas Jawa Timur.

Untuk memenuhi kebutuhan anda selama berkunjung ke Bromo, baik itu transportasi maupun akomodasi, anda bisa menggunakan paket tour murah bromo, dengan salah satu agen travel yang bisa anda gunakan adalah 1001malam dimana anda bisa melakukan booking tour secara online ataupun mengunjungi kantornya yang berada di Surabaya, Jl. Prapen Ruko No. 240-A, Jemursari dengan no. telp di 031 843 8913 / 0821 3950 7788

Referensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Bromo
  • http://indonesia.travel/id/destination/243/mount-bromo
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.