Melihat Keindahan Goa dan Aneka Satwa Di Maharani Zoo

gerbang mzgMasih ingatkah anda dengan Goa Istana Maharani yang berada di Jalan Daendels, Paciran, Lamongan? Goa yang begitu populer di tahun 1994 ini kini tidak hanya menyajikan keindahan stalaktit dan stalagmit goa namun juga terdapat berbagai satwa lucu. Nama wisata ini pun berganti menjadi Maharani Zoo dan satu pengelola dengan Wisata Bahari Lamongan, yakni PT. Bumi Lamongan Sejati yang bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Lamongan. Maharani Zoo juga termasuk dalam group Jawa Timur Group yang membawahi Jatim Park 1 dan 2, Eco Green Park, Surabaya Carnival, dan masih banyak lagi. Maharani Zoo berdiri di area seluas 3.5 hektar dan memiliki sejumlah fasiliytas yang akan membuat anda sekeluarga betah di sana. Termasuk si kecil yang bisa belajar tentang alam dan berkenalan dengan aneka satwa.

taman satwaMaharani Zoo berdiri sejak 25 Mei 2008 dan menyajikan wahana konservasi dan edukasi serta budaya yang terangkum dalam nuansa etnik Afrika. Wisata yang bisa ditempuh sejauh 1.5 jam perjalanan dari Surabaya ini juga menghadirkan pemandangan pesisir pantai utara. Sejumlah fasilitas yang ditawarkan meliputi taman satwa atau kebun binatang yang dilengkapi dengan koleksi berbagai binatang, seperti orang utan, beruang madu, wallaby, jerapah, singa putih dan harimau putih serta masih banyak koleksi yang lainnya. Umumnya binatang yang ada di Maharani Zoo berasal dari Asia. Namun kini telah bertambah dengan gajah Palembang dan Pekanbaru.

galeri satwaUntuk melengkapi koleksinya sebagai sarana edukasi, Maharani Zoo juga dilengkapi dengan Galery Satwa atau Museum Satwa. Bentuk bangunannya masih mengambil setting Afrika dan memajang berbagai koleksi fosil ataupun replika fosil binatang-binatang yang telah punah, seperti beruang putih, ikan paus biru, ikan paus bangkok, dan juga mamooth si gajah purba. Maharani Zoo juga menghadirkan sejumlah binatang albino yang eksotis seperti kangguru albino, tikus, ular, dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga taman burung yang semakin melengkapi koleksi Maharani Zoo.

goa maharaniPuas belajar dan melihat kehidupan aneka satwa kini waktunya anda untuk menjelajahi salah satu keajaiban alam di perut bumi Goa Maharani. Destinasi wisata ini menjadi yang satu-satunya wisata yang menghadirkan pemandangan goa alam di area taman satwa. Goa Maharani sendiri sudah cukup populer sejak dulu. Penemuan goa ini pun tidak disengaja saat 6 penggali tanah coral pupuk dolomit dan bahan fosfat sedang melakukan penggalian yang dipimpin oleh mandor bernama Bapak Muh. Faried. Nama istrinya, Maharani, kemudian dipilih menjadi nama goa ini karena dari mimpi sang istri goa ini ditemukan. Dalama mimpinya, Ibu Maharani melihat dua ekor naga bermahkota sedang menjaga cahaya bunga-bunga yang sangat indah dan berwarna-warni. Naga-naga dalam mimpi tersebut kemudian divisualisasikan dalam bentuk patung yang menjaga pintu masuk goa bersama dengan dua burung garuda di Gerbang Paksi Tatsoko.

stalaktit goa maharaniStalaktit dan stalagmit yang dimiliki Goa Maharani memang cukup cantik dengan berbagai warna kala terkena cahaya. Apalagi stalaktit dan stalagmit tersebut juga masih terus tumbuh  hingga saat ini. Karena kecantikannya hingga ada yang menyandingkan goa ini dengan Goa Carlsbad di Perancis dan Goa Mamonth di Amerika Serikat. Untuk menjelajahi Goa Maharani, telah disiapkan jalur trekking yang nyaman sejauh 350 meter. Fasilitas lain yang ditawarkan Goa Maharani adalah area parkir yang luas, toilet, dan penjual aneka oleh-oleh serta kuliner di bagian depan. Jika membutuhkan penginapan ada Tanjung Kodok Beach Resort. Untuk tiket masuknya sendiri sekitar Rp 40.000 pada weekday dan Rp 60.000 di weekend dan hari libur. Anda juga bisa menggunakan tiket terusan dengan Wisata Bahari Lamongan sebesar Rp 70.000 pada weekday dan Rp 100.000 untuk hari libur dan weekend.

Refrensi:

  • http://www.maharanizoo.com/harga-tiket-masuk/
  • http://www.eastjava.com/tourism/lamongan/ina/maharani-cave.html
  • http://www.izaa.org/jatim.php?id=40&cat_id=28&p=#.VYuw9huqqko

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.