Liburan Di Sidoarjo Gak Kalah Seru Loh…

alun2Sidoarjo memang tak memiliki udara dingin ala kota Malang maupun Batu dengan sejumlah pesona agrowisatanya juga tak seperti Surabaya yang dikelilingi gedung-gedung pecakar langit dan wisata metropolitannya. Namun bukan berarti Sidoarjo gak menarik untuk dikunjungi ya, karena di sini travelers juga bisa seru-seruan dan merasakan pengalaman yang tak kalah berkesan. Ada sejumlah aktivitas yang bisa travelers lakukan selama liburan di Sidoarjo. Yuk intip apa aja yang bisa traveler lakuin di sini.

Melihat Lumpur Lapindo

lumpur lapindoTragedi yang berlangsung sejak 29 Mei 2006 ini tak hanya membuat sejumlah desa di Sidoarjo hilang, namun juga menciptakan wisata baru yang membuat nama Sidoarjo kian melambung. Banyak masyarakat yang ingin melihat secara langsung lautan lumpur tersebut. Bahkan meski sudah berlangsung selama 9 tahun tak mengurangi kunjungan wisatawan yang ingin melihat Lumpur Lapindo. Biasanya mereka yang hendak ke Malang maupun Surabaya akan menyempatkan diri untuk singgah ke sini. Di sini travelers bisa melihat lautan lumpur dari pinggir tanggul yang mendidih dengan kepulan asapnya yang masih berlangsung hingga sekarang, seolah masih belum puas untuk memuntahkan isinya. Namun travelers juga perlu untuk berhati-hati karena tanggul tersebut sewaktu-waktu bisa jebol, terutama pada musim penghujan seperti ini.

Menyaksikan Kemegahan Candi Pari dan Candi Sumur

candi pariSebagai kerajaan yang sangat besar, tak heran jika peninggalan Kerjaan Majapahit bisa ditemukan dimana-mana. Seperti Candi Pari dan Candi Sumur yang ada di Sidoarjo. Bahkan sebenarnya ada banyak candi yang tertanam di tanah Sidoarjo yang belum sempat tereksplorasi. Sebagaimana yang terjadi belakangan dimana masyarakat menemukan sumber mata air yang mengalir di batu bata yang diperkirakan sebagai pondasi sebuah candi. Mengenai Candi Pari sendiri, di sini travelers bisa belajar sejarah mengenai pemanfaatan candi yang dibangun pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit, yakni di saat Pemerintahan Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada. Untuk masuknya travelers gak perlu membayar biaya retribusi apa pun. Uda gitu ada pemandu yang siap membantu travelers untuk mendapatkan informasi mengenai candi ini. Dan hanya Candi Pari inilah yang bangunannya masih utuh yang bisa travelers amati di Kecamatan Porong, Sidoarjocandi sumur

Tak jauh dari Candi Pari, travelers juga bisa menyaksikan bangunan Candi Sumur yang sayangnya bangunannya sudah tak utuh lagi. Hanya tinggal separuh dinding candi yang masih berdiri dengan kondisi sumur yang sudah mengering. Karena lokasinya yang berdekatan, kemungkinan besar antara Candi Pari dan Candi Sumur masih dalam satu kesatuan kompleks bangunan. Dan dengan mengunjungi kedua candi tersebut, paling gak travelers bisa mendapatkan informasi yang lebih valid untuk turut serta melestarikan bangunan cagar budaya.

sun cityBermain Air Di Sun City Water Park

Di tengah cuaca panas kota Sidoarjo, travelers bisa dinginin badan dengan bermain air di waterpark. Eits, jangan anggap remeh ya, karena meski kota kecil namun ada banyak kolam renang dan waterpark yang ada di Sidoarjo. Salah satunya adalah Sun City Waterpark yang terintegrasi dengan pusat perbelanjaan Giant Sun City dan The Sun Hotel Sidoarjo. Jadi dalam satu tempat travelers bisa mendapatkan beragam atraksi menarik. Puas berenang dan bermain air di Sun City Waterpark, travelers bisa wisata belanja di Giant Sun City. Terus nginapnya di The Sun Hotel Sidoarjo. Selain itu Sun City Waterpark juga menawarkan beragam permainan air yang seru dengan sejumlah fasilitas yang memadai.

Surga Belanja

sentratastanggulangin_sidoarjo_335Sidoarjo juga kota UKM loh travelers. Banyak banget produk Sidoarjo yang bisa kamu dapetin langsung dari para pengerajinnya dengan kualitas yang gak kalah dari produk impor. Misalnya saja nih yang suka banget koleksi tas, dompet, dan sejumlah produk yang terbuat dari kulit bisa berkunjung ke Tanggulangin. Dari pintu masuk Tanggulangin kamu bisa mendapati deretan toko yang memajang sejumlah tas-tas cantik. Dan khusus di bulan ini ada Tanggulangin Fair dimana kamu bisa dapetin koleksi tas dan dompet dengan harga spesial. Acara ini berlangsung sampai 22 November nanti. Lumayan kan buat oleh-oleh dan koleksi pribadi. Terus ada juga sentra pengerajin sepatu yang ada di Wedoro, Waru, dimana travelers bisa mendapatkan koleksi sepatu murah dari para pengerajinnya. Ada pula sejumlah pasar kaget atau pasar malam yang bisa travelers dapati di Sidoarjo. Misalnya saja yang ada di GOR Sidoarjo dan Perum. Gading Fajar Sidoarjo. Tiap malam kawasan ini diramaikan dengan sejumlah pedagang kaki lima yang menjajakan dagangan mereka dengan harga murah. Jika beruntung travelers bisa mendapatkan barang dengan kualitas bagus namun dengan harga murah.

Surga Kuliner

kupang sidoarjo dan sate kerangBuat yang pecinta kuliner, Sidoarjo menawarkan beragam sajian kuliner yang gak jauh-jauh dari lambang kota tersebut, bandeng dan udang. Untuk olahan bandeng, selain bandeng presto ada juga otak-otak bandeng dan bandeng asap. Ada pula kupang lontong yang ditemani dengan sajian sate kerang. Yang bikin makanan Sidoarjo enak adalah kehadiran petis dan terasi udang yang diproduksi sendiri. Apalagi dengan ditemani dengan kerupuk yang Sidoarjo punya banyak banget macamnya selain kerupuk udang. Yang jelas kuliner Sidoarjo didominasi olahan seafood yang tentunya meski rasanya amis namun tetep ajib.

Jadi masih ragu buat wisata di Sidoarjo? Sayang banget kalau iya, karena kini Sidoarjo makin berbenah dan siap menyambut kedatangan travelers. Yuk buruan eksplore Sidoarjo 😉

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.