Kumpul Seru Bersama Keluarga Di Alun-Alun Kota Batu

alun-alun-batu-750x562Kota Batu yang terkenal dengan buah apelnya ini memiliki sejumlah potensi wisata yang ditujukan untuk keluarga. Suhu udara dingin yang dirasakan kala berkunjung ke kota ini tak terasa karena kehangatan berkumpul bersama keluarga. Kegiatan berkumpul bersama keluarga pun jadi menyenangkan dengan beragam aktivitas menarik yang ditawarkan masing-masing destinasi. Misalnya saja dari Jawa Timut Group dimana tidak hanya menampilkan sisi rekreasi namun juga edukasi yang bermanfaat untuk anak-anak. Selain itu Kota Wisata Batu juga menawarkan wisata petik apel dimana pengunjung beserta keluarga bisa belajar mengenai sejumlah tanaman agrikultura. Puas menikmati seluruh pesona wisata di Kota Wisata Batu, jangan lewatkan untuk berburu kuliner khas kota Batu. Dengan banyaknya hasil pertanian kota Batu juga turut diolah menjadi panganan lain yang memiliki nilai ekonomi dan cocok dijadikan oleh-oleh, seperti keripik, dodol, ataupun sari buah.

alun-alun-batuNamun jalan-jalan ke Kota Wisata Batu kurang lengkap jika belum berkunjung ke Alun-Alun Kota Batu. Keberadaan Taman kota yang berada di Jalan Agus Salim, Kecamatan Batu, Kota Batu ini tidak hanya memperindah kota Batu namun juga bisa menjadi tempat wisata murah bagi masyarakat Batu dan sekitarnya serta wisatawan yang bertandang ke Batu. Bukan hanya lokasinya yang berada di titik central Kota Batu, namun alun-alun ini cukup menarik karena memiliki sejumlah fasilitas wisata yang dijamin akan membuat pengunjung betah berlama-lama di sana, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan dengan sejumlah fasilitas yang dimiliki tempat wisata ini membuat alun-alun kota Batu menjadi alun-alun kota modern pertama di dataran tinggi.

fasilitas alun alun batuAlun-alun kota Batu juga memiliki pengelolaan yang memadai dari Panca Karya Bakti. Pihak pengelola ini didirikan oleh sejumlah organisasi masyarakat seperti Pemuda  Panca Marga, Forum Komunikasi Pemuda Pemudi Purnawirawan Indonesia, Pemuda Pancasila, dan Legiun Veteran namun tetap dengan pengawasan dari dinas terkait seperti Pemkot Batu, PU Cipta Karya dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Pengelolaannya yang teratur membuat tempat ini semakin nyaman dikunjungi. Layaknya tempat wisata pada umumnya, terdapat tempat informasi berbentuk buah strawberry yang tak pernah lelah mengingatkan pengunjung untuk berhati-hati dan menjaga barang bawaan mereka.

alun-alun-batuAlun-alun yang mulai diresmikan pada Mei 2011 memiliki penampakan yang cukup indah, tidak hanya pada siang hari namun juga malam hari. Alun-alun ini menjadi satu-satunya alun-alun yang dilengkapi dengan Bianglala atau yang juga dikenal dengan nama Ferris Wheel. Untuk menikmati wahana ini pengunjung hanya dikenai tiket sebesar Rp 3.000. Dari atas ketinggian bianglala pengunjung bisa menyaksikan pemandangan alun-alun secara keseluruhan. Anak-anak juga bisa bermain di mini playground yang berada tepat di depan plaza baru. Apalagi dengan keberadaan air mancur yang dihiasi dengan patung apel dan dikelilingi dengan kursi-kursi untuk pengunjung melepas lelah. Fasilitas lain yang juga disediakani ialah area bebas asap roko dan toilet dengan bentuk seperti apel besar.

alun-alun-batu-750x562Di malam hari penampakan alun-alun kota Batu semakin indah dengan lampu hias warna-warni. Sejumlah lampion juga turut menambah keindahan pencahayaan alun-alun. Pohon-pohonnya yang rindang dengan sejumlah tanaman warna-warni membuat sejuk mata yang memandang. Suasana semakin nyaman karena tidak ada pengamen ataupun pedagang liar yang melintas dengan kebersihan yang terjaga. Penjaga keamanan juga siap menegur jika ada yang berbuat tidak baik di tempat ini. Di hari minggu terdapat pasar wisata Minggu yang menjual sejumlah buah tangan khas Batu. Jadi tunggu apalagi. Yuk nikmati berkumpul bersama keluarga dengan menutup tour ke Batu Malang dengan bersantai di alun-alun kota Batu.

Refrensi:

http://jaringnews.com/seleb/hangout/58786/alun-alun-kota-batu-tempat-wisata-semua-kalangan

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.