Eksotisme Pantai Goa China

Pantai-Goa-CinaMalang tidak hanya menawarkan kesejukan udaranya saja dengan banyaknya perkebunan di sana, namun masih banyak juga wisata alam lainnya yang bisa dikunjungi di sana. Bahkan Malang memiliki sejumlah pantai dengan keindahan yang mempesona dan masih alami.

Jadi di Malang tidak hanya ada Pantai Balekambang saja. Pantai lain yang juga wajib anda kunjungi kala anda ke Malang adalah Pantai Goa China. Pantai ini bahkan semakin populer dari tahun ke tahun karena kealamian dan keasriannya.

Pantai Goa China berada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Pantai Rowo Indah merupakan nama asli dari Pantai Goa China. Namun semenjak kedatangan seorang biksu China ke pantai tersebut nama pantai ini pun diubah menjadi Pantai Goa China pada tahun 1930. Biksu tersebut bertapa di goa yang berada di bukit di pinggir pantai. Hingga lama biksu tersebut tak keluar dan ternyata sudah ditemukan meninggal dan yang tersisa hanya tulang-belulangnya. Biksu ini meninggalkan tulisan-tulisan Cina di dinding goa dan sebuah mangkok.

penunjuk ke goa chinaUntuk menuju pantai ini dari kota Malang perjalanan diteruskan ke arah Selatan dengan rute menuju Gadang yang mengarah ke Bululawang. Dari Buluwalang dilanjutkan ke Turen- Dampit-Sumber Manjing Wetan. Hampir di sepertiga perjalanan, anda akan ditemani dengan pemandangan gunung kapur menuju Desa Druju. Anda bisa memilih jalur Desa Sendang Bitu karena aksesnya yang jauh lebih aman dengan kondisi aspal yang mulus.

Selain itu terdapat jembatan dengan desain yang unik yang menghubungkan dengan Desa Bajul Mati. Setibanya di Desa Bajul Mati anda akan bertemu dengan pertigaan yang menuju ke Pantai Goa Cina. Lama keseluruhan perjalanan tersebut sekitar tiga jam.

Pantai-Goa-CinaBegitu anda tiba di pantai ini anda akan disambut dengan pemandangan yang masih alami. Air lautnya yang berwarna kebiruan nampak begitu jernih. Suara ombak dengan debur ombak dan angin pantai yang berhembus sepoi-sepoi semakin menambah kesejukan di pantai tersebut.

Pasirnya yang lembut berwarna putih berkilau sementara pohon ketapang, pohon cembirit, dan yang lainnya berjajar di bibir pantai. Deretan tebing berdiri dengan kokohnya di pinggir pantai.

Ada pula tiga batu karang besar yang ditumbuhi rerumputan hijau berdiri di tengah pantai sehingga nampak menyerupai pulau. Pulau-pulau tersebut bernama Pulau Bantengan, Pulau Nyonya, dan Pulau Goa China dimana terdapat goa yang menjadi lokasi biksu tersebut bertapa. Untuk menuju goa tersebut, anda harus naik ke batu-batu karang dengan jalan yang sempit.

Goa ini sebenarnya rongga dalam karang sehingga tidak dijumpai stalaktit dan stalagmit di dalamnya. Pintu masuknya yang hanya setinggi setengah meter membuat anda harus menunduk untuk memasukinya. Goa sedalam delapan meter dan ketinggian sekitar dua meter ini sering digunakan masyarakat untuk memohon berkah dan keberuntungan hanya dengan membawa batang pepaya.

goa china di pantai goa chinaKarena termasuk dalam gugusan pantai selatan, sangat tidak disarankan untuk berenang atau mandi hingga ke tengah pantai karena derasnya arus ombak Pantai Goa Cina. Namun dari deras gelombang ombaknya ini memunculkan fenomena unik berupa gelombang yang bersimpangan tidak keruan dari tiga arah sekaligus, yakni timur, selatan, dan barat.

Gelombang-gelombang ini saling bertabrakan diantara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya dengan amat kuat sehingga menimbulkan suara bergemuruh. Untuk menikmati keindahan Pantai Goa Cina pengunjung hanya dikenai tiket masuk sebesar Rp 4.000 dengan parkir kendaraanhingga Rp 5.000. Mengenai fasilitasnya sendiri ada musholla, tempat parkit, toilet, dan juga sejumlah warung makan. Dengan semua pesona yang ditawarkan Pantai Goa Cina, jangan lewatkan kunjungan ke pantai ini dalam daftar tour ke Malang anda.caution pantai goa china

Referensi:

  • http://www.1001wisata.com/pantai-goa-cina-malang/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Goa_China

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.