Destinasi Wajib buat yang travelling ke Ijen Banyuwangi

penambang belerangIjen merupakan nama gunung yang ada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Gunung yang pernah meletus pada 1999 ini mempunyai sebuah kawah yang ramai dikunjungi wisatawan.

Adapun kawah tersebut adalah Kawah Ijen. Kawah ini ramai dikunjungi wisatawan karena keindahannya yang memukau. Selain Kawah Ijen, ternyata masih ada tempat wisata lain di sekitarnya yang patut dikunjungi.

Tempat wisata di sekitar Ijen pertama yang patut dikunjungi adalah Kawah Wurung. Kawah ini letaknya ada di 4 km dari Kawah Ijen. Untuk bisa memandangi keindahan kawah ini, wisatawan mesti menaiki terlebih dahulu Bukit Cinta, baru setelah itu wisatawan bisa melihat indahnya Kawah Wurung.

Untuk bisa menikmati indahnya kawah Wurung, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000.

ijen above

Selain Kawah Wurung, ada satu kawah lain yang patut dikunjungi wisatawan, yaitu Kawah Bulan Sabit. Dinamakan Kawah Bulan Sabit karena kawah ini mempunyai sebuah gundukan yang bentuknya seperti bulan sabit.

Di kawah ini, wisatawan bisa melihat pemandangan lain dari Kawah Ijen, serta pemandangan Gunung Gaung dan Kota Banyuwangi dari ketinggian Kawah Bulan Sabit. Selain itu, wisatawan juga bisa memandangi pemandangan matahari terbenam dan tentu saja pemandangan Kawah Bulan Sabit sendiri.

Tak hanya wisata kawah, wisatawan juga bisa menikmati wisata air terjun di sekitar Kawah Ijen. Adapun air terjun tersebut tak lain adalah Air Terjun Blawan. Air terjun  yang airnya bersumber dari Kawah Ijen ini mengandung kadar belerang yang cukup tinggi. Selain memandangi air terjun, wisatawan juga bisa melihat salah satu tumbuhan khas air terjun ini, yaitu tanaman Makadamia.

Air terjun lain yang dapat dikunjungi wisatawan di kawasan Kawah Ijen adalah Air Terjun Kampung Anyar. Di air terjun ini, wisatawan bisa menikmati tiga macam air terjun sekaligus. Adapun ketiga air mancur tersebut antara lain Air Terjun Jagir, Air Terjun Sumber Pawon, dan Air Terjun Bidadari.

belerang di ijen

Diantara ketiganya, Air Terjun Sumber Pawon adalah air terjun yang paling menarik. Dikatakan demikian karena air terjun tersebut mempunyai aliran air yang menyebar dari satu arah ke arah lainnya.

Tak hanya wisata air terjun, wisatawan  juga dapat menikmati wisata air panas terutama bila bergabung dengan paket tour Kawah Ijen. Jika wisatawan ingin menikmati wisata air panas yang dimaksud, maka wisatawan bisa berkunjung ke Pemandian Air Panas Blawan.

Pemandian yang ada di dekat Air Terjun Blawan ini dianggap mampu mengobati gejala penyakit arena air panasnya masih mengandung banyak belerang. Selain berendam menikmati air panas, wisatawan juga bisa melihat pemandangan dan menikmati suasana alam di sekitar pemandian air panas.

hotel blambangan

Jika berkunjung ke tempat wisata sekitar Ijen, dalam waktu yang lama, maka wisatawan mesti menginap di sebuah hotel. Mengenai hotel, wisatawan tidak perlu khawatir karena di sekitar kawaasan Ijen terdapat beberapa hotel yang bisa dijadikan tempat menginap.

Beberapa hotel di Banyuwangi tersebut antara lain Hotel Blambangan Banyuwangi, Jiwa Jawa Ijen, Hotel Tanjung Asri, El Royale Hotel & Resort, serta Agung Raya Mahkota Hotel.

Hotel Blambangan merupakan sebuah hotel yang terletak di daerah Banyuwangi. Hotel yang berarsitektur a la era kolonial Belanda ini mempunyai suasana yang bersih, hijau, dan bersahaja saat dimasuki oleh wisatawan.

Di hotel ini, terdapat 8 kamar tipe Deluxe dan 16 kamar lainnya yang bertipe Superior. Adapun fasilitas-fasilitas yang ada di hotel ini antara lain kolam renang, 2 buah ruang pertemuan, dan sebuah area umum. Selain itu, wisatawan juga akan diberi sarapan serta teh dan beberapa camilan.

ketapang Indah

Hotel Ketapang Indah

Rekomendasi hotel selanjutnya adalah hotel Jiwa Jawa Ijen. Tempat menginap ini ada di kaki bukit dataran tinggi Ijen dan mempunyai hawa sejuk ala pegunungan dan perkebunan di dalamnya. Di sini, wisatawan bisa menyaksikan fenomena alam Blue Fire Caldera yang akan memanjakan mata wisatawan.

Lingkungan hotel ini cukup bersih karena hotel ini mengedepankan konsep ramah lingkungan yang mana tiap pengunjung dan staf hotel dilarang untuk membuang sampah sembarangan. Hal ini ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan, khususnya di lingkungan hotel.

Di hotel ini, wisatawan juga bisa mencicipi berbagai hidangan yang lezat di Java Banana Gallery & Cafe yang merupakan kafe andalah hotel ini. Hotel ini juga menyediakan fasilitas berupa indoor and ootdoor wedding bagi para wisatawan yang hendak melangsungkan acara pernikahan di hotel ini.

Selain Jiwa Jawa Ijen, Hotel Tanjung Asri juga merupakan hotel yang direkomendasikan untuk wisatawan. Hotel berbintang 1 ini mempunyai fasilitas yang dapat wisatawan betah dan nyaman. Adapun fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya pelayanan resepsionis 24 jam, bagasi, Wi-Fi di beberapa tempat, dan fasilitas layanan kamar.

Semua kamar yang ada di hotel ini telah didesain sedemikian rupa agar mirip dengan suasana kamar di rumah. Di dalam setiap kamar, telah disediakan televisi layar datar, AC, meja tulis, dan tentu saja balkon.

Tak hanya itu, setiap kamar hotel ini juga telah dirancang sebagai kamar yang bebas asap rokok. Jika wisatawan hendak bermain bersama anak-anak, maka wisatawan beserta anak-anak bisa bermain di taman bermain anak yang ada di hotel ini.

Ada satu hotel lain yang direkomendasikan wisatawan. Hotel tersebut adalah El Royale Hotel & Resort. Hotel yang mulai melakukan trial open pada tanggal 24 Mei 2017 itu mempunyai sejumlah kekhasan, baik itu arsitektur gedungnya, maupun ornamen-ornamen yang meghiasi tiap sudutnya.

pantai papuma

Hotel bintang empat pertama di Banyuwangi ini mempunyai bentuk atap yang mirip atap rumah Suku Osing. Selain itu, gapura yang ada di depan hotel dirancang dengan mengadopsi arsitektur di era Majapahit. Bagian lobi hotel ini didesain dengan bentuk yang mirip Pendopo Sabha Swagatha Blambangan yang terkenal di Banyuwangi.

Seperti halnya hotel-hotel lainnya, hotel ini pun tentu saja mempunyai sejumlah fasilitas yang dapat memanjakan wisatawan terutama dalam konteks paket wisata Kawah Ijen. Adapun fasilitas-fasilitas tersebut antara lain kolam renang untuk anak dan dewasa, spa gym, balkon, restoran, meeting room, dan ballroom yang mampu menampung 1000 orang.

Rekomendasi hotel terakhir untuk para wisatawan adalah Agung Jaya Mahkota Hotel. Hotel yang letaknya cukup strategis ini mempunyai sejumlah fasilitas pendukung, seperti lapangan tenis, kolam renang khusus anak, taman, tempat biliyar, dan lain sebagainya.

Ada satu fasilitas yang patut untuk dicoba oleh wisatawan, yaitu Jacuzzi. Fasilitas tersebut adalah sebuah kolam berukuran sedang yang dapat dipakai untuk berendam ataupun untuk bersantai. Adapun air yang dikolam ini adalah air hangat yang membentuk sebuah pusaran.

Jika wisatwan berendam di kolam ini, maka wisatawan akan merasakan kehangatan air tersebut dan wisatawan juga akan merasa lebih rileks. Fasilitas ini sangatlah cocok untuk para wisatawan yang hendak melepas penat dan stres yang dirasakan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.