Buka Puasa dengan Bebek Sinjay

bebeksinjayPulau Madura memiliki sejumlah makanan khas yang patut dicoba. Selain soto dan sate Madura, Madura juga terkenal dengan olahan bebek gorengnya. Ada banyak warung bebek di Madura, yang bahkan juga membuka cabang-cabang di luar Madura. Dan salah satu warung bebek yang cukup terkenal adalah Bebek Sinjay yang ketenarannya menyentuh seantero nusantara. Apalagi dengan keberadaan media, baik social media ataupun media massa, yang semakin mempopulerkan kelezatan bebek satu ini. Pada awalnya kedai Bebek Sinajay hanya ada di Madura, tepatnya di Jalan Raya Ketengan Nomor 45 Kecamatan Burneh, Bangkalan. Jika dari arah Surabaya, melalui Jembatan Suramadu, hanya perlu jalan lurus dan berjarak 16 km. Kurang lebih sekitar 20 menit dari pintu keluar tol Suramadu, sudah sampai di kedai Bebek Sinjay. Di sekitarnya nampak warung yang menjual berbagai batik khas Madura. Namun kini telah ada beberapa cabang bebek sinjay, yang bahkan menyentuh hingga kawasan ibukota.

Bebek-SinjayCabang bebek sinjay bisa dijumpai di beberapa daerah seperti:

  • Kaza City Lt. 3 Blok B No. 5, Jalan Kapas Krampung No. 45, Kapas Krampung Plaza, Surabaya
  • Ruko Pertokoan Baru di Jl. A.Yani No. 166. Surabaya, tak jauh dari lokasi Taman Pelangi
  • Karanglo Malang di Jl. Perusahaan No. 16, Malang
  • Jalan Palagan Trip By Pass Pandaan, Pasuruan
  • Jalan Raya Ponti, Sidoarjo, tak jauh dari GOR Sidoarjo
  • Pondok Gede, Jalan Raya Jatiwaringin No. 181, Bekasi, Jawa Barat

antrian-bebek-sinjayDengan keberadaan cabang-cabang tersebut semakin mempermudah penikmat bebek untuk mencicipi lezatnya bebek sinjay. Pasalnya jika membeli langsung di kedai utamanya, antriannya semakin menambah nyanyian di perut 😉 , panjang banget. Di mulai dari mengantri di kasir yang akan mencatat pesanan sekaligus langsung membayar pesanan. Lanjut ke antrian kasir kedua untuk menukarkan bon pembelian dengan pesanan nasi bebek sinjay. Dan yang terakhir mengantri di kasir ketiga untuk mengambil teh botol. Eits, perjuangan belum selesai. Karena anda harus berebut tempat duduk dengan pengunjung yang lain. Karenanya datang berama-ramai bisa menjadi solusi dimana sebagian mengantri pesanan dan yang lain mencari tempat duduk. Jangan berharap pula untuk bisa mendapatkan potongan daging tertentu. Karena kasir hanya akan memberikan apa yang sudah tersedia dari dapur, demi memperlancar antrian.

sambel pencitMelihat kepopuleran bebek sinjay, siapa yang menyangka jika dahulunya warung miliki Bu Musliha ini pun hanyalah warung bebek biasa yang dibuka pada tahun 2003. Nama sinjay berasal dari Bahasa Arab yang berarti ilham. Dan kini warung bebek sinjay di warung utamanya bisa menjual 700-800 ekor bebek dalam waktu satu hari. Wah bisa dibayangkan total keseluruhan bebek yang dijual dari seluruh outlet bebek sinjay 🙂  Harga yang ditawarkan untuk satu porsi bebek sinjay hanya Rp 25.000, sudah termasuk untuk satu teh botol.

SONY DSCMeski tampilan bebek sinjay sama dengan bebek goreng pada umumnya, namun daging bebek sinjai tidak tercium aroma amis dan lebih terasa empuk. Selain itu potongan dagingnya juga cukup besar. Apalagi dinikmati dengan nasi putih hangat yang pulen. Kelezatannya belum berhenti di situ. Gorengan tepungnya yang berwarna kecoklatan terasa begitu gurih dan dilengkapi dengan sambal pencit atau sambal mangga muda. Sambal ini terbuat dari irisan mangga muda dengan cabe merah super pedas yang kemudian diberi sedikit minyak. Rasa asam segar bercampur pedas yang kuat membuat sambal ini begitu khas dan terasa unik. Hmm … lezat, pas banget buat menu buka puasa nanti malam. Jadi buruan kunjungi cabang-cabang outlet bebek sinjay di kota anda. Ssttss … jangan lupa datang lebih awal ya, biar gak kehabisan 😉 Buat menu sahur juga pas banget. Tinggal pesan bungkus aja dan bawa pulang.

Refrensi:

http://www.1001wisata.com/mengenal-bebek-sinjay/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.