Berburu Ikan Di Pantai Puger

pantai-pugerBerkunjung ke Kota Jember? Anda pasti sudah tak asing dengan kawasan Puger. Ada sebuah pantai yang cukup indah dan mampu membuat kawasan menarik wisatawan. Selain itu pantai ini juga menjadi tempat sejumlah event di Jember dan merupakan kawasan tempat pelelangan ikan. Pantai yang berada di sebelah barat daya Jember ini juga menjadi tempat yang pas untuk melepas penat usai aktivitas seharian yang padat. Di pagi hari anda bisa melihat aktivitas nelayan usai melaut dan dilanjutkan melihat keramain pelelangan ikan. Pantai ini memang terkenal sebagai pantai nelayan dengan perahu-perahu nelayan yang semakin menambah keindahan di sekitar Pantai Puger. Simak yuk, pesona apa lagi yang ditawarkan oleh pantai yang berjarak 36 km dari pusat Kota Jember ini.

pugerSebagai pantai nelayan, Pantai Puger menjadi tempat yang pas bagi anda untuk mendapatkan ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan. Selain membelinya di Pusat Pelelangan Ikan Puger, anda juga bisa mendapatkannya secara langsung dari para nelayan. Tentunya harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah dibandingkan di pasar. Namun jika anda menginginkan sesuatu yang menantang untuk mendapatkan ikan-ikan segar ini, anda bisa memancing di tengah pantai dengan menggunakan kano. Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan karang-karang yang ada di tepi pantai sebagai pijakan untuk memancing. Sebagian besar karang-karang ini cukup lancip sehingga anda perlu untuk berhati-hati dan jangan lupa mengenakan alas kaki.

ikan_asin_pugerPerahu-perahu tradisional nelayan dengan bentuk khas perahu Madura yang warna-warni juga menjadi view yang menarik untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Tak hanya itu, aktivitas para nelayan yang sedang bersiap berlayar di malam hari dan ketika mereka pulang melaut juga bisa menjadi obyek yang berbeda dalam perjalanan wisata anda. Anda bisa melihat ketika para nelayan menjemur ikan, melipat jaring mereka, menurunkan muatan, ataupun ketika mereka membawa hasil tangkapan mereka ke Pusat Pelelangan ikan. Di Pusat Pelelangan Ikan Puger, anda tidak hanya bisa mendapatkan ikan, namun anda juga bisa mendapatkan ikan asin dan terasi yang diproduksi sendiri oleh masyarakat sekitar.

ombak pantai pugerPantai dengan panjang mencapai 3 km ini memiliki ombak tinggi khas pantai selatan. Jadi anda tidak bisa berenang terlalu ke tengah pantai. Selain itu, anda yang membawa anak kecil, perlu mendampingi mereka ketika bermain di pantai. Sebagai gantinya, agar mereka tetap bisa bersenang-senang di pantai, anda bisa mengajak mereka untuk bermain di pasirnya yang bersih. Sekedar jalan-jalan di sekitar pantai juga cukup menyenangkan sembari menikmati pasirnya dengan bertelanjang kaki. Namun dengan tipe ombak yang dimiliki, kawasan pantai ini pernah menjadi tempat pelaksanaan Puger International Surf Exhibition, sebuah pameran surfing tingkat internasional di tahun 2008.

larung sesajiPantai Puger juga menjadi lokasi upacara adat Larung Sesaji yang dilakukan oleh nelayan Puger sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki dan karunia yang telah diberikan. Pada upacara ini mereka membuang nasi tumpeng ke laut sembari sebagai pertanda permintaan dan harapan mereka. Selain melihat upacara Larung Sesaji, anda juga bisa berjalan-jalan ke Pantai Kucur yang lokasinya tak jauh dari kawasan Puger. Anda bisa menggunakan sampan yang disediakan oleh masyarakat sekitar untuk menuju ke pantia ini. Pantai Kucur terkenal dengan keramahan kera merah yang konon katanya tidak boleh diganggu apalagi disakiti karena akan mendatangkan bencana.

pantai-pugerNah, bagi anda yang ingin ke kawasan Pantai Puger, dari Jember anda bisa mengarahkan kendaraan anda ke barat menuju pertigaan Rambipuji dan pilih jalur kiri menuju Balung. Anda tinggal mengikuti jalan yang mengarah ke selatan untuk kemudian sampai di Puger. Anda bisa menikmati semua keindahan Pantai Puger sembari bertemankan nasi hangat yang berlaukkan ikan segar yag dibakar dan sambal terasi. Hum … yummy. Jadi tunggu apalagi traveler, jangan lupa kunjungi Pantai Puger kala  ke Jember ya 🙂

Refrensi:

  • http://www.telusurindonesia.com/ayo-kunjungi-pantai-puger-di-jember-jawa-timur.html
  • https://jemberajib.wordpress.com/obyek-wisata/pantai-puger/
  • http://www.belajarsearchengine.com/2014/12/wisata-pantai-puger-di-jember.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.