Bakso Klenger Surabaya, Enaknya Sampai Klenger-Klenger

bakso-klenger-surabayaPecinta jajanan bakso? Orang Jawa Timur memang gak bisa lepas dari panganan yang satu ini. Ada banyak jenis bakso yang bisa ditemui di Jawa Timur. Mulai dari bakso sapi, bakso ayam, hingga bakso malang. Saking banyaknya orang yang berjualan bakso, masing-masing penjual sampai berkreasi untuk membuat baksonya unik dari yang lain. Mulai dari menambahkan tagline tertentu pada nama baksonya, menambahkan isian di dalam bakso, seperti bakso telur, hingga menyediakan beberapa ukuran bakso, seperti bakso granat dengan bakso kecil-kecil, bakso kotak dengan bentuk yang tidak lagi bulat, hingga bakso jumbo yang ukurannya memang di luar bakso pada umumnya. Nah kini ada lagi yang namanya bakso klenger. Penasaran dong kayak gimana tuh bakso. Makanya langsung aja deh datang ke gerainya Pak Pasiran, yang ada di Jalan Rembang Raya Surabaya, tak jauh dari Jalan Demak. Gerai ini akan semakin menambah tempat yang patut buat dijelajahi untuk berwisata kuliner.

tingkatan-level-bakso-klenger-surabayaMakan bakso di sana dijamin bikin travelers “kelenger” alias gak kuat lagi buat menghabiskan satu porsinya, hehe. Bakso Kelenger memang memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan bakso jumbo. Kalau gak percaya bisa tengok gambar di samping. Ada beberapa diameter bakso yang bisa travelers pilih. Untuk yang level 1 memiliki diameter hanya 15 cm sementara 20 cm untuk level 2. Level 3 berdiameter 25 cm sedangkan level 4 diameternya 30 cm. Dan yang paling besar adalah level 5 yang memiliki diamater hingga 40 cm. Bener-bener bikin kelenger kan makannya. Ngebayanginnya aja uda bikin kelenger, apalagi pas makan langsung, hehe. Tenang, untuk yang level 5 travelers, bisa makan bareng-bareng sama temen ataupun keluarga untuk satu porsinya. Harga yang ditawarkan juga bergantung pada diameter bakso. Mulai dari 30 ribu, 50 ribu,100 ribu, hingga 200 ribu.

pak pasiranPak Pasiran memang kreatif, melihat konsumennya mulai bosan dengan baksonya, ia pun berinovasi dengan menciptakan bakso kelenger ini. Untuk membuatnya pun ia masih menggunakan cara tradisional dengan mencetaknya dengan tangan. Ya mau gimana lagi, mana ada pula cetakan bakso sebesar kepala manusia tersebut 😉 Untuk bisa mendapatkan bakso yang enak, Pask Pasiran merebus bakso langsung dengan kuah yang telah diberi bumbu rempah. Dan agar bisa matang sempurna bakso tersebut dimasak selama 8 jam. Wah pantas aja kalau harganya mahal. Karenanya dalam satu hari Pak Pasiran hanya bisa memproduksi lima bakso berdiameter 40 cm. Dan … selalu habis dalam satu hari tersebut. Keren bangetkan gerai bakso ini. Jadi kalau travelers gak mau kehabisa, buruan dah datang langsung ke gerai Bakso Kelenger Pak Pasiran yang ada di Jalan Rembang Raya Surabaya, tak jauh dari salon joker dan makam Mbah Ratu. Dan buktikan sekuat apa perut travelers menampung bakso kelenger tersebut 😉

screenshot-www 1001malam com 2015-09-19 17-19-49Kalau butuh penginapan maupun hotel, jangan ragu buat hubungi 1001malam.com yang bakal kasi travelers beragam hotel murah di Surabaya. 1001malam.com juga menyediakan tiket pesawat dan paket tour yang pastinya bikin liburan kamu jadi mudah tanpa ribet biaya ini itu.

Refrensi:

https://kulinerkota.wordpress.com/2015/09/19/bakso-klenger-surabaya/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.