Alaminya Pantai Jolosutro Bikin Jatuh Cinta

Pantai-Jolosutro-BlitarSesuatu yang alami selalu memiliki nilai yang lebih. Tak terkecuali saat bertandang ke pantai. Semakin alami pantainya semakin seru untuk dijelajahi. Meski mungkin dibutuhkan perjuangan untuk mencapainya namun justru di situ sisi menariknya karena bisa merasakan petualangan sebelum akhirnya membuahkan hal yang begitu menakjubkan dengan pemandangan yang begitu indah. Asiknya lagi tak banyak pengunjung di sana yang bikin suasana bersantai jadi kian nyaman. Nah buat travelers yang lagi nyari pantai yang masih alami di Jawa Timur bisa coba bertandang ke Pantai Jolosutro yang ada di Blitar. Kan kamu bisa sekalian ziarah ke makam presiden pertama kita, Bapak Proklamator, Ir. Soekarno. Pemandangan yang ditawarkan Pantai Jolosutro dijamin bikin kamu jatuh hati. Jadi mumpung ada libur akhir pekan, yuk rehat dan santai sejenak di sana, menikmati alamnya yang masih alami.

Pantai-JolosutroSecara administrasi, Pantai Jolosutro masuk dalam kawasan Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates, Blitar. Jika dari pusat kota Blitar, travelers perlu menempuh jarak sejauh 45 km ke arah selatan. Pantai Jolosutro masuk dalam kawasan pantai laut selatan jadi bisa dipastiakn ombak di pantai ini cukup besar, khas ombak pantai selatan lainnya. Dan sebagaimana masyarakat di sekitar pantai laut selatan lainnya, penduduk Desa Ringenrejo yang umumnya beragama Hindu juga kerap melakukan pemujaan terhadap penguasa laut selatan. Umumnya pada saat pergantian tahun dalam penanggalan Jawa dengan melakukan upacara lelarung saji. Upacara ini tidak hanya sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Ratu Pantai Selatan namun juga sebagai upaya untuk memohon keselamatan. Meski ombak Pantai Jolosutro cukup besar, travelers tetap bisa bermain air di sini namun tetap harus esktra hati-hati ya. Jangan sampai karena keseruan main jadinya gak sadar uda sampai agak ke tengah. Ombaknya yang besar ini juga bisa gambar yang menarik untuk diabadikan melalui lensa kamera travelers.

Pantai-Jolosutro-BlitarPemandangan lain yang tak kalah menarik untuk diabadikan adalah jajaran perahu nelayan yang menghiasi bibir pantai. Sebagian besar masyarakat sekitar Pantai Jolosutro memang berprofesi sebagai nelayan. Pantai Jolosutro sendiri merupakan surganya ikan. Hanya dengan menggunakan peralatan sederhana, travelers sudah bisa mendapatkan ikan segar yang bisa travelers bakar dan menjadi teman menikmati pemandangan pantai. Pantai Jolosutro benar-benar bisa menjadi pilihan untuk bersembunyi sejenak dari segala rutinitas yang ada. Di sini travelers bisa bersantai sambil menikmati pemandangan hijau di sekitar pantai. Gak usah heran, karena posisi pantai ini berada di teluk kecil yang diapit dengan perbukitan yang penuh dengan pepohonan hijau yang rindang. Suasana hati travelers yang lagi panas juga bisa jadi lebih sejuk dengan kesejukan udara dan pemandangan yang ditawarkan. Kalau mau teriak-teriak buat lepasin strss juga bisa. Toh gak banyak orang di sini. Itu salah satu lagi keunggulan mendatangi pantai yang masih alami.

Keindahan-Pantai-JolosutroPantai Jolosutr memliki garis pantai yang panjang dan dipenuhi dengan pasir hitam yang lembut bikin kamu puas mau main di sisi mana pun. Oh iya, warna pasirnya yang hitam ini disebabkan adanya kandungan besipada pasirnya sehingga berwarna hitam pekat. Meski demikian Pantai Jolosutro juga memiliki pasir yang berwarna putih loh, tepatnya di sisi timur. Sayangnya di sini bukan tempat yang tepat karena lokasinya yang tak terlalui landai sehingga cukup berbahaya. Overall, pemandangan yang ditawarkan Pantai Jolosutro memang menakjubkan. Karena masih alami, jadi air lautnya pun masih begitu jernih dengan warna kebiruan. Dan yang tak boleh terlewat, tentu saja pemandangan matahari terbenam yang semakin melengkapi keindahan Pantai Jolosutro. Tertarik buat berkunjung tapi bingung mau nginap dimana? Gak usah khawatir ada banyak hotel murah di Blitar yang bisa travelers gunaka. Happy Weekend ya travelers 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.