Air Mancur Di Pantai Klayar

Pantai-KlayarLokasi Pacitan yang berada paling ujung Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Wonogiri, Jawa Tengah membuat daerah ini cukup jauh dijangkau. Namun, daerah ini menyimpan sejuta pesona yang tak kalah indah dengan daerah lain di Jawa Timur. Pacitan memiliki goa-goa yang indah dan juga pantai-pantai yang menakjubkan karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Bahkan beberapa tahun terakhir, destinasi wisata yang ada di Pacitan semakin ramai dikunjungi wisatawan, terutama mereka yang hobi petualang. Maklum, untuk ke Pacitan selain lokasinya yang jauh akses jalan juga menjadi kendala tersendiri, terutama untuk tempat wisata yang belum banyak dikenal dan lokasinya yang tersembunyi. Seperti destinasi yang satu ini, Pantai Klayar. Pantai ini memiliki keunikan dengan adanya air terjun di antara karangnya. Yuk cek keindahan Pantai Klayar dan cara menuju ke sana.

Pantai-Klayar-4-300x225Pantai Klayar berjarak 7 km dari Pantai Banyu Tibo, Pacitan. Saat ini Pantai Klayar semakin ramai dikunjungi wisatawan karena sering dibicarakan di media sosial. Keasrian dan kealamian yang ditawarkan pantai ini cocok untuk anda yang ingin melepas penat dari segala rutinitas dan ingin menenangkan diri. Namun untuk menuju Pantai Klayar memang bukan hal yang mudah. Tetapi dengan segala keindahan yang ditawarkan pantai ini patut untuk diperhitungkan. Ibarat pepatah, bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Bersusah payah dahulu menuju Pantai Klayar, dibayar dengan keindahan yang tak terelakkan. Untuk anda yang tinggal di Pacitan hanya membutuhkan waktu 3 jam menuju Pantai Klayar. Sementara yang dari Yogyakarta bisa memilih rute dari Gunungkidul menuju Wonosari yang kemudian dilanjutkan menuju Pacitan. Dari Wonosari ke Pacitan jarak yang ditempuh sejauh 2,5 km.

Pantai-Klayar-3-300x225Sedangkan anda yang dari Surabaya bisa menuju Kecamatan Pracimantoro hingga tiba di pertigaan Giribelah yang menuju perempatan Kalak. Dari Kalak anda tinggal melanjutkan hingga tiba di Desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan, yang merupakan lokasi Pantai Klayar berada. Untuk kendaraan yang digunakan, sepeda motor menjadi pilihan yang tepat karena akses jalan yang cukup sulit. Anda harus ekstra hati-hati karena kondisi jalannya yang tak terlalu baik, berlubang, dan sempit. Kondisi badan yang prima juga mutlak anda perlukan karena jalanan yang anda lewati naik turun dan berliku di pinggir tebing. Sebaiknya paculah kendaraan anda dengan kecepatan sedang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

ombak-Pantai-Klayar-300x172Begitu anda tiba di Pantai Klayar, keindahan yang ditawarkan Pantai Klayar akan mengobati rasa lelah dan perjuangan yang anda tempuh selama menuju ke pantai ini. Pasir putih yang lembuh akan menyapa anda saat pertama kali anda menginjakkan kaki di sana. Suara debur ombak dan semilir angin yang menyapa memberikan ketenangan kepada pengunjung. Apalagi tatkala melihat air lautnya yang berwarna biru dan masih jernih yang semakin memberikan kedamaian. Suasana hijau yang tenang juga didapatkan dari barisan pohon kelapa yang ada di sepanjang bibir pantai. Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, wajar jika ombak Pantai Klayar cukup besar sehingga anda sebaiknya tidak berenang di pantai ini, apalagi hingga ke tengah. Namun jika sekedar bermain air di bibir pantainya, masih tak mengapa. Anda pun bisa memotret keindahan pantai ini, terutama kala sore hari.

air-mancur-alami-Pantai-Klayar-300x199Pantai Klayar juga dikelilingi dengan tebing-tebing tinggi yang akan mengingatkan anda pada Pantai Karma Kandhara, Bali. Tebing-tebing karang ini akhirnya nampak seperti deretan bukit dengan goa-goa kecil di dalamnya. Karena terlalu kecil sehingga terlihat seperti stalaktit dan stalakmit yang ada di pinggir jalan. Batu karang tersebut juga menjadi lokasi para biota laut tinggal, seperti bintang laut, kerang-kerangan, limpet, dan juga rumput laut. Sementara air mancur di Pantai Klayar berasal dari batu-batu karang ini juga. Air mancur ini keluar tatkala ombak keras menghantam karang sehingga sebagian besar airnya masuk ke bawah batu dan keluar layaknya air amncur setingi 10 meter. Saat keluar, air amncur inipun mengeluarkan bunyi seperti peluit. Oleh masyarakat sekitar peristiwa ini disebut dengan seruling laut. Diantara batu karang yang berada di sisi timur ada yang menyerupai Sphinx, yang merupakan bangunan bersejarah di Mesir. Jadi pantas bukan untuk perjalanan jauh demi pesona air mancur Pantai Klayar?

Refrensi:

http://www.1001wisata.com/pantai-klayar-yang-penuh-kejutan/

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.